Visa untuk jamaah calon haji Tarakan masih dalam proses

id Haji

Visa untuk jamaah calon haji Tarakan masih dalam proses

Kepala Seksi Penyelenggara Haji dan Umroh Kementerian Agama Kota Tarakan, Muhammad Aslan. Istimewa.

Tarakan (ANTARA) - Jamaah calon haji dari Tarakan, Kalimantan Utara saat ini tinggal menunggu visa untuk berangkat, sementara untuk paspor sudah selesai.

"Paspor tidak ada masalah, tinggal tunggu visa , belum tahu kapan tapi saat ini masih dalam proses," kata Kepala Seksi Penyelenggara Haji dan Umroh Kementerian Agama Kota Tarakan, Muhammad Aslan di Tarakan, Selasa.

Saat ini, ada sebanyak 67 calon haji asal Tarakan serta didampingi satu petugas Tim Pemandu Haji Daerah (TPHD).

"Ada beberapa calon haji usia di atas 65 tahun. Alhamdulillah saat ini dalam keadaan sehat semua dan siap berangkat," kata Aslan.

Rencananya berangkat pada tanggal 29 Juni 2022, pada jam 07.00 WITA kumpul di Islamic Center. Jamaah calon haji akan dilepas Wali Kota, Khairul, kemudian jam 8.30 WITA berangkat ke bandara Juata, Tarakan diterbangkan menuju Balikpapan.

Satu malam bermalam di Embarkasi Balikpapan, Kalimantan Timur dan pada tanggal 30 Juni 2022 berangkat ke Jeddah, Arab Saudi kemudian menuju Mekkah.

Jamaah calon haji Tarakan merupakan kelompok terbang (kloter) tujuh gelombang kedua embarkasi Balikpapan. Dari Embarkasi Balikpapan ada 8 kloter jamaah calon haji.

Saat ini, di Arab Saudi suhu siang hari bisa mencapai 43-46 derajat celsius dan dapat menyebabkan telapak kaki melepuh.

"Kepada jamaah haji kita apabila hilang sandalnya atau pintunya (Masjid) lain , diminta jangan jalan , tapi memanggil petugas dari Indonesia dimana saja ada, minta sandal yang sudah disiapkan," kata Aslan.

Kemudian pada tanggal 28 Juni, jamaah calon haji Tarakan harus melakukan pemeriksaan PCR , karena merupakan peraturan dari pemerintah Arab Saudi

"Mohon kepada seluruh jamaah haji agar menjaga kesehatan, sebab bila ada yang positif maka tidak akan diberangkatkan karena ini kloter akhir," katanya.

Dia meminta jamaah calon haji untuk menjaga kesehatan, istirahat yang cukup, olahraga.

Saat menunaikan ibadah haji untuk menjaga kebersamaan kepada ketua regu dan ketua rombongan supaya balik ke Tanah Air kembali bersama.
Baca juga: Jamaah calon haji Tarakan diminta menjaga nama baik bangsa