Wali Kota Tarakan pesan pada calon jamaah haji untuk menjaga kesehatan

id Haji

Wali Kota Tarakan pesan pada calon jamaah haji untuk menjaga kesehatan

Sebanyak 150 calon haji Tarakan, Kalimantan Utara, Jumat (26/5) usai dilepas Wali Kota Tarakan Khairul. ANTARA/Susylo Asmalyah.

Tarakan (ANTARA) - Wali Kota Tarakan, Kalimantan Utara Khairul memberikan beberapa pesan untuk para calon jamaah haji dalam menjalankan ibadah haji agar mengatur waktu, menjaga kesehatan, beristirahat yang cukup dan menghindari kegiatan yang dapat mengganggu fokus dalam ibadah.

"Calon jamaah haji untuk mengurangi aktifitas fisik yang melelahkan sebelum pelaksanaan ibadah haji, mengingat bahwa ibadah haji merupakan ibadah yang mengandalkan fisik," kata Khairul di Tarakan, Jumat saat secara resmi melepas 150 calon jamaah haji Tarakan tahun 2023.

Dia menekankan bahwa inti dari ibadah haji adalah wukuf di Arafah, oleh karena itu diharapkan para calon jamaah haji tidak banyak mengeluarkan tenaga dengan melaksanakan ibadah sunah sebelum pelaksanaan wukuf.

Sementara itu, Kepala Seksi (Kasi) Penyelenggaraan Haji dan Umroh Kementerian Agama Kota Tarakan Muhammad Aslam mengatakan calon jamaah haji Tarakan tergabung dalam kelompok terbang (kloter) empat Embarkasi Balikpapan, Kalimantan Timur.

"Dari 150 calon jamaah haji Tarakan terdiri dari 60 orang laki - laki dan 90 orang perempuan," kata Aslam.

Diungkapkan ada empat orang calon jamaah haji yang memiliki resiko ada usia lanjut (lansia) dan ada menggunakan kursi roda.

Namun mereka yang beresiko selama ini kondisinya bagus saja semua. Aslam berpesan agar calon jamaah haji Tarakan harus kompak dan membantu lansia, karena wajib membantu orang tua dan pahalanya besar.

"Cuaca 40 derajat di Arab Saudi, maka kami anjurkan para calon jamaah haji Tarakan jika tidak ada aktifitas penting seperti ibadah jangan terlalu banyak keluyuran usahakan menggunakan payung dan alat spray yang akan dibagikan untuk menghindari penyakit berbahaya," katanya.

Keberangkatan para calon jamaah haji tersebut direncanakan pada hari Senin (29/5), menuju embarkasi Balikpapan dan diperkirakan akan tiba di Madinah pada hari Selasa (30/5).
Baca juga: 115 calon haji Nunukan sudah dilepas ke Arab Saudi
Baca juga: 94 calon haji Bulungan dilepas ke Arab Saudi