Wali Kota Tarakan lepas 150 calon haji

id Haji

Wali Kota Tarakan lepas 150 calon haji

Calon haji Kota Tarakan saat akan menuju bandara Internasional Juata Tarakan, Kalimantan Utara menuju Balikpapan untuk masuk Embarkasi Balikpapan, Senin (30/5). ANTARA/Susylo Asmalyah.

Tarakan (ANTARA) - Wali Kota Tarakan, Kalimantan Utara Khairul melepas 150 calon haji asal daerah itu dan meminta mereka untuk fokus dalam melaksanakan seluruh rangkaian ibadah haji.

"Agar para jamaah mempersiapkan diri mulai dari tata cara ibadah haji yang sudah dipelajari selama manasik hingga kesehatan dan perlindungan diri. Apalagi diperkirakan cuaca di Tanah Suci mencapai angka lebih dari 40 derajat Celcius," kata Khairul di Tarakan, Senin.

Hal itu disampaikan saat melepas secara resmi keberangkatan 150 calon haji Kota Tarakan tahun 2023.

Dia juga mengapresiasi dan memberikan penghargaan kepada panitia dan petugas penyelenggara haji yang telah maksimal memberikan pelayanan kepada jamaah.

“Semoga seluruh jamaah dapat beribadah dengan khusuk dan kembali ke Tarakan dengan sehat dan mendapatkan haji yang mabrur,” kata Wali Kota.

Para calon haji tersebut pada Senin pagi berkumpul di Islamic Center Kota Tarakan, kemudian dengan menggunakan bus diberangkatkan menuju bandara Internasional Juwata Tarakan menuju Balikpapan, Kalimantan Timur

Kemudian para calon haji menginap semalam di Embarkasi Balikpapan, pada hari Selasa (31/5) menuju ke Madinah, Arab Saudi.

Calon haji Tarakan tergabung dalam kelompok terbang (kloter) empat Embarkasi Balikpapan.

Dari 150 calon haji Tarakan terdiri dari 60 orang laki - laki dan 90 orang perempuan. Ada empat orang calon jamaah haji yang memiliki resiko ada usia lanjut (lansia) dan ada menggunakan kursi roda.

Suasana haru terasa saat calon jamaah haji asal Tarakan menaiki bus yang membawa mereka ke bandara Internasional Juwata, Tarakan.

Para pengantar melambaikan tangan pada para calon jamaah haji, sambil mengusap air mata yang menetes melepas keluarganya untuk menunaikan rukun Islam yang kelima.