KPU Tarakan Tetapkan DPT Pemilu 2024 Sebanyak 169.702 Pemilih

id Kpu

KPU Tarakan Tetapkan DPT Pemilu 2024 Sebanyak 169.702 Pemilih

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tarakan, Kalimantan Utara melaksanakan rapat pleno terbuka rekapitulasi dan penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT) penyelenggaraan Pemilu tahun 2024 di Kantor KPU Tarakan, Rabu (21/6). ANTARA/Susylo Asmalyah.

Tarakan (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tarakan, Kalimantan Utara sudah menetapkan Daftar Pemilih Tetap (DPT) untuk Pemilu Tahun 2024 sebanyak 169.702 pemilih.

"Jadi hari ini kita sudah melaksanakan rapat pleno terbuka untuk merekapitulasi dan menetapkan DPT sebanyak 169.702 pemilih," kata Ketua KPU Kota Tarakan Nasruddin di Tarakan, Rabu.

Dia mengungkapkan penetapan DPT tersebut sudah melalui proses panjang dari Daftar Pemilih Sementara (DPS) sebanyak 170.676 pemilih kemudian Daftar Pemilih Sementara Hasil Perbaikan (DPSHP) sebanyak 170.127 pemilih dan akhirnya DPT.

Dari DPS sampai DPT jumlah pemilih mengalami pengurangan, hal tersebut disebabkan ada pemilih yang meninggal dunia, keluar kota dan daftar pemilih ganda.

Selain itu ada beberapa masukan dari masyarakat, dari Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), selanjutnya dilakukan eksekusi dalam pengertian yang tidak memenuhi syarat.

Dari DPT sebanyak 169.702 pemilih tersebar di empat kecamatan yakni Tarakan Barat sebanyak 57.995 pemilih, Tarakan Tengah sebanyak 48.675 pemilih, Tarakan Timur sebanyak 40.183 pemilih dan Tarakan Utara sebanyak 22.849 pemilih.

Dengan jumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) sebanyak 682 lokasi dengan lima lokasi TPS khusus yakni di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Tarakan.

Selanjutnya adalah menentukan kebutuhan logistik berdasarkan dari jumlah DPT.

"Besok (Kamis) dilaksanakan rakor terkait dengan logistik dimana proses awalnya adalah pemetaan terutama terkait dengan kebutuhan paling mendesak adalah gudang logistik," kata Nasruddin.

KPU sudah melakukan koordinasi dengan Pemkot Tarakan untuk gudang logistik dipinjamkan gedung Graha Pemuda.

"Gedung Graha Pemuda yang akan dijadikan gudang logistik pada pemilu 2024. Kita sudah survei dan menurut kami itu sudah layak sebagai pusat pengelolaan sampai pada pendistribusian logistik," katanya.
Baca juga: KPU Tarakan Menerima Berkas Persyaratan 30 Bacaleg dari Partai NasDem
Baca juga: PKS parpol pertama yang daftarkan 30 bacaleg ke KPU Tarakan