PKS parpol pertama yang daftarkan 30 bacaleg ke KPU Tarakan

id KPU

PKS parpol pertama yang daftarkan 30 bacaleg ke KPU Tarakan

Ketua DPC Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kota Tarakan Darmanto saat penyerahan berkas bakal calon legislatif kepada Ketua KPU Kota Tarakan Nasruddin di Kantor KPU Tarakan, Senin (8/5). ANTARA/Susylo Asmalyah.

Tarakan (ANTARA) - Partai Keadilan Sejahtera (PKS) menjadi partai politik yang pertama mendaftarkan para bakal calon legislatif (bacaleg) ke Komisi Pemilihan Umum Kota Tarakan, Kalimantan Utara ada hari Senin (8/5).

"Dari empat daerah pemilihan itu, Insya Allah kita lengkap. Untuk dapil satu ada sembilan caleg, dapil dua ada tujuh, dapil tiga ada sepuluh dan dapil empat ada empat sehingga jumlahnya ada 30," kata Ketua DPC PKS Tarakan Darmanto di Kantor KPU Tarakan, Senin usai menyerahkan berkas pendaftaran.

Dari 30 bacaleg tersebut, keterwakilan perempuan ada sembilan orang dari semua dapil. Saat ini, PKS memperoleh dua kursi di DPRD Tarakan.

"Target kita yang sudah kita sampaikan dari awal, menargetkan lima kursi. Mudah - mudahan itu bisa tercapai," kata Darmanto.

Dia mengatakan pendaftaran yang dilakukan DPC PKS Tarakan pada tanggal 8 Mei 2023 karena arahan dari pusat yang mendaftar serentak ke KPU.

"Alhamdulillah kita PKS mendaftar yang paling pertama dengan waktu yang tepat pukul 10.08 WITA. Alasannya kita memilih itu, kita ingin jadi yang terdepan untuk bisa mendaftar sebagai bagian demokrasi ini. Dan sesuai nomor kita nomor delapan," katanya.

Sementara itu, Ketua KPU Tarakan Nasruddin mengatakan dua hari yang lalu anggota PKS mengajukan surat akan datang ke KPU pada 8 Mei 2023 pukul 10.08 WITA.

"Kita menyiapkan penyambutannya dan Alhamdulillah. Kita sudah menerima serta memeriksa berkasnya untuk PKS dinyatakan diterima dan lengkap," kata Nasruddin.

Artinya lolos untuk tahap selanjutnya dan tahap verifikasi administrasi yang akan dimulai pada tanggal 15 Mei 2023.
Baca juga: Bacaleg belum ada yang mendaftar ke KPU Tarakan
Baca juga: KPU Tarakan tetapkan DPS pemilu 2024