Jumlah Korban Kebakaran di Beringin 4 Tarakan Terus Diverifikasi

id Pemkot

Jumlah Korban Kebakaran di Beringin 4 Tarakan Terus Diverifikasi

Musibah kebakaran yang terjadi di RT 1 Kelurahan Selumit Pantai, Tarakan, Kalimantan Utara, Minggu (6/8). ANTARA/Susylo Asmalyah.

Tarakan (ANTARA) - Data terakhir dari musibah kebakaran yang terjadi di RT 1 Beringin 4 Kelurahan Selumit Pantai, Tarakan, Kalimantan Utara pada hari Minggu (6/8) tidak ada korban jiwa pada musibah ini, namun terdapat 64 rumah yang terbakar berakibat pada 166 kepala keluarga kehilangan tempat tinggalnya.

"Data ini untuk diverifikasi kembali guna penyaluran bantuan yang tepat sasaran," kata Wali Kota Tarakan Khairul di Tarakan, Senin.

Dia juga meminta pendataan bagi kebutuhan anak-anak sekolah yang terdampak, nelayan dan korban yang membutuhkan perawatan lebih lanjut.

Khairul berharap koordinasi antar lini pada penanganan bencana dapat terus terlaksana dengan baik agar masyarakat yang menjadi korban dapat terlayani secara optimal.

Sedangkan Aparatur Sipil Negara (ASN) di Lingkungan Pemerintah Kota Tarakan melalui Korpri juga diminta untuk berpartisipasi dalam membantu para korban musibah kebakaran.

Hal tersebut menindaklanjuti upaya penanganan pasca musibah kebakaran yang terjadi di RT 1 Selumit Pantai, Wali Kota Tarakan di hari yang sama langsung mengumpulkan jajarannya guna memastikan tindak lanjut penanganan bencana agar dapat berjalan secara optimal.

Setelah mendengar laporan dari Perangkat Daerah serta memperhatikan penyampaian dari BAZNAS, takmir Mesjid Al Maarif, dan mitra terkait lainnya.

Diperoleh informasi bahwa secara umum penanganan musibah kebakaran sampai saat ini terus dilaksanakan dan posko bencana telah disiapkan di Mesjid Al Maarif Selumit.

Wali Kota menyampaikan beberapa arahan, termasuk terkait kesiapsiagaan petugas di lapangan yang diharapkan dapat terus membantu proses penanganan bencana bagi para korban baik yang berada di tenda pengungsian maupun yang untuk sementara tinggal menumpang di rumah kerabat atau keluarga.

Pemerintah Kota Tarakan bersama Baznas berkomitmen untuk menanggung kebutuhan pangan bagi seluruh korban, yang teknisnya akan diatur oleh petugas di lapangan.

Terkait dengan hal tersebut, diimbau untuk masyarakat dan semua pihak untuk mengutamakan donasi berupa uang tunai dan berkoordinasi dengan Dinas Sosial Kota Tarakan.

Hal ini dengan mempertimbangkan penggunaannya yang akan lebih fleksibel dan diserahkan langsung bagi para korban secara merata.
Baca juga: 150 KK Korban Musibah Kebakaran di Beringin 4 Tarakan
Baca juga: Polresta Bulungan sebut kebakaran di Tanah Kuning karena kesengajaan