Indonesia sempurna di Grup A AFF U-19, bantai Timor Leste 6-2

id Timnas AFF,U-19 ,Indonesia vs leste,Timur leste

Indonesia sempurna di Grup A AFF U-19, bantai Timor Leste 6-2

Pesepak bola Timnas Indonesia Jens Raven (tengah) berselebrasi usai mencetak gol ke gawang Timnas Timor Leste dalam pertandingan penyisihan Grup A Piala ASEAN U-19 Boys Championship atau AFF U-19 di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Jawa Timur, Selasa (23/7/2024). ANTARA FOTO/Rizal Hanafi/sgd/nym.

Surabaya (ANTARA) -
Sebanyak enam gol Indonesia dicetak oleh Jens Raven (18', 26'), Figo Dennis (45'), Kadek Arel (50'), Arkhan Kaka (53'), dan Muhammad Kafiatur (56') yang hanya dibalas dua gol oleh Ricardo Rorinho Dos Santos (23') dan Alexandro Bahkito (85') membuat Merah Putih menyelesaikan penyisihan di Grup A dengan sembilan poin untuk menyegel juara grup.

Pada laga ini, Indonesia yang melakukan rotasi pemain mengambil inisiatif serangan sejak awal. Namun, masih tak ada peluang berarti pada 10 menit pertama dan di sisi lain Timor Leste beberapa kali mendapatkan serangan balik.

Peluang cukup berbahaya pertama didapat Indonesia pada menit ke-15 saatMuhammad Ragil yang turun sebagai starter mendapatkan bola di dalam kotak penalti. Namun, sayangnya tendangannya masih lemah.

Selepas peluang Ragil, anak-anak asuh Indra Sjafri tampak mulai menemukan celah di pertahanan Timor Leste.

Mereka kemudian pecah telur pada menit ke-18 ketika Jens Raven mencetak gol keduanya di Piala AFF U-19 setelah memanfaatkan situasi sepak pojok Muhammad Kafiatur.

Kebobolan satu gol membuat anak-anak asuh Eduardo Pereiralangsung tersentak dan pada menit ke-23 melalui serangan balik cepat yang dipimpin Alexandro Bahkito mereka mendapatkan penalti setelah pemain nomor 10 itu dilanggar di kotak terlarang.

Sang kapten Ricardo Rorinho Dos Santos yang ditunjuk sebagai algojo tak menyia-nyiakan kesempatan untuk membawa skor kembali sama kuat 1-1 setelah ia mengecoh kiper Ikram Algiffari.

Merah Putih kembali meningkatkan intensitas serangannya dan pada menit ke-26, Raven mencatatkan namanya untuk kedua kalinya pada laga ini setelah ia menyontek assist cantik Kafiatur.

Setelah unggul, 10 menit kemudian Indonesia mendapatkan tiga peluang beruntun dalam tempo dua menit setelah tendangan Kafiatur, sundulan Kadek Arel, dan tendangan Figo Dennis masih gagal menjebol gawang Timor Leste.

Babak pertama hampir berakhir dengan skor 2-1. Namun, tendangan jarak jauh cantik dari Figo yang membentur mistar gawang dan memantul ke badan kiper yang kemudian masuk ke gawang membuat tuan rumah menutup 45 menit pertama dengan keunggulan 3-1.

Baca juga:Kafiatur ingin bantu Indonesia U19 dari situasi bola mati

Pada babak kedua, Indonesia tak mengendurkan serangan dan malah mencetak dua gol cepat. Kadek yang mencetak gol ketiganya menjebol gawang Timor Leste untuk keempat kalinya setelah ia memanfaatkan umpan sepak pojok Kafiatur pada menit ke-50.

Pada menit ke-53, Arkhan Kaka turut mencatatkan namanya ke papan skor setelah memanfaatkan assist Raven yang berpeluang mencetak hattrick pada menit ke-53.

Pada menit ke-56, sang maestro Kafiatur tak mau kalah. Setelah membantu rekan-rekannya dengan assist ciamiknya, pemain 18 tahun itu turut menambah gol untuk Indonesia melalui tendangan keras jarak jauhnya.

Setelah unggul jauh, Indonesia semakin nyaman bermain. Mereka hampir menambah gol pada menit ke-62 dan ke-73 melalui peluang Kaka dan Jens. Namun, masih gagal karena ditepis dan melebar.

Bakhito, pada menit ke-85 memperkecil kedudukan setelah tendangannya merobek gawang kiper pengganti I Wayan Arta. Skor berubah menjadi 6-2 dan bertahan hingga wasit asal Korea Selatan Choi Hyun Jai meniup peluit panjang tanda berakhirnya pertandingan.

Hasil ini membuat Indonesia menjadi juara Grup A dengan sembilan poin dan melaju ke partai semifinal Piala AFF U-19 2024. Di semifinal, mereka akan bertemu pemenang Grup C yang sedang diperebutkan antara Malaysia U-19 dan Thailand U-19.

Berikut susunan pemain kedua tim:

Indonesia U-19: Ikram Algiffari, Rizdjar Nurviat Subagja, Felix Kamuru, Kadek Arel (C), Figo Dennis, Jens Raven, Muhammad Kafiatur, Welberliesskott Jardim, Sultan Zaky Pramana, Muhammad Ragil, Iqbal Gwijangge
Pelatih: Indra Sjafri

Timor Leste U-19: Alexandre Quintao, Rui Juman, Carol Moreira, Aureo Viera Cruz, Palomito Antonio, Alexandro Bahkito, Vabio Canavaro, Ricardo Rorinho Dos Santos (C), Leonio Quilton, Ario Melip Ximenes, Marques de Carvalho
Pelatih: Eduardo Pereira

Baca juga:Pelatih Malaysia akui anak asuhnya berkembang pesat
Baca juga:Indra Sjafri enggan bahas target gol saat lawan Timor Leste