Perhutani Tawarkan Lomba Cerpen Hutan

id ,

Perhutani Tawarkan Lomba Cerpen Hutan

Perhutani Tawarkan Lomba Cerpen Hutan (Susetiyaningsih)

Oleh Susetiyaningsih Sastroprawiro

Tarakan (Antara News Kaltara) - Perhutani menawarkan lomba Green Pen Award ketiga, yakni lomba menulis cerpen tentang hutan dan lingkungan bagi siswa Maluku Utara dalam program Siswa Mengenal Nusantara inisiasi Kementerian BUMN.
Dilaporkan pekan ini di Tarakan bahwa terlihat 17 siswa yang bersama tiga pendamping dari Maluku Utara tersebut tampak antusias mendapat penjelasan dari pejabat BUMN penerima, yaitu PT Sucofindo PT Pos Indonesia dan Perum Perhutani tentang profil perusahaan.
Kegiatan pokok program itu berkaitan dengan pembinaan para generasi muda.
PT. Pos Indonesia misalnya menawarkan program Duta Pos bagi siswa sekolah di seluruh Indonesia.
Sedangkan Perhutani menawarkan Perhutani Green Pen Award 3 (PGPA) yaitu lomba menulis cerpen hutan dan lingkungan yang bertujuan untuk menimbulkan rasa kecintaan dan kepedulian generasi muda pada hutan dan lingkungan di Indonesia.
Program ini merupakan salah satu wujud kepedulian Perhutani pengelola 2.4 juta ha hutan di Jawa Madura dengan lima anak perusahan holdingnya PT Inhutani I di Kaltim dan Kaltara, serta PT Inhutani II sampai V kepada generasi muda agar lebih peka menjaga hutan serta lingkungan disekitarnya.
Disela acara serah terima siswa Mengenal Nusantara Minggu malam (13/12) di Tarakan tersebut salah satunya ditandai dengan pembagian poster lomba dan buku kumpulan cerpen pemenang PGPA sebelumnya oleh Perum Perhutani agar siswa ikut lomba dan memenangkan hadiah senilai Rp 60 Juta. Lomba akan ditutup 12 Februari 2016.
Fachran Fachrozy, siswa SMA Negeri 1 Kota Ternate, merasa beruntung berkesempatan mengikuti program Siswa Mengenal Nusantara sebagai salah satu delegasi dari Maluku Utara.
Ia mengaku aktif di berbagai kegiatan yang berkaitan dengan hutan. Tantangan lomba Perhutani Green Pen Award tak akan dilewatkan. Pengalamannya bersentuhan dengan hutan mangrove bisa jadi akan dituangkan dalam tulisan untuk diikutsertakan lomba ini sepulang dari Tarakan.
“Perhutani Green Pen Award bukan hal yang baru bagi kami karena kami di Maluku Utara selalu mengikuti perkembangan dunia pendidikan melalui media online seperti website. Tahun ini saya akan ikut lombanya. Semoga bisa menang” kata Fachran penuh harap.
Informasi Program Duta Pos dan Perhutani Green Pen Award dapat diakses di website masing masing BUMN tersebut.