Pemprov Berikan Proper bagi Perusahaan

id ,

Pemprov Berikan Proper bagi Perusahaan

SAMBUTAN:Gubernur Kaltara, Dr H Irianto Lambrie memberikan sambutan pada peringatan Hari Lingkungan Hidup se-dunia, Jumat (6/6) lalu. (dok humas)

Tanjung Selor (Antara News Kaltara) – Peringatan Hari Lingkungan Hidup se-dunia yang diadakan Pemerintah Provinsi juga menjadi ajang pemberian nilai atau proper bagi perusahaan. Hal ini dilakukan terkait ketaatan perusahaan yang ada di Kaltara dalam menjaga lingkungan hidup. Setidaknya ada 7 perusahaan yang mendapat proper terbaik dan memperoleh penghargaan langsung dari Gubernur Kaltara Irianto Lambrie, Jumat (3/6) lalu.

Sesuai Keputusan Gubernur Kaltara Nomor 188.44/K.148/2016 tentang Peringkat Kinerja Perusahaan dalam Pengelolaan Lingkungan Hidup Tahun 2015/2016, 7 perusahaan tersebut di antaranya PT Bara Dinamika Muda Sukses Malinau, jenis usaha tambang batubara dengan peroleh nilai terbaik warna hijau, kedua, perusahaan PT Kayan Putra Utama Cool, jenis usaha tambang batubara di Malinau dengan peringkat biru, ketiga, PT Duta Tambang Rekayasa Nunukan, jenis usaha tambang batubara dengan peringkat biru, keempat PT Mandiri Intiperkasa Nunukan dan KTT, jenis usaha yang sama batubara dengan peringkat nilai biru, kelima, PT Pipit Mutiara Jaya KTT, batubara dengan peringkat biru, keenam, PT Lamindo Inter Multikon Bulungan, jenis usaha batubara, peringkat diperoleh biru, dan ketujuh PT Pesona Khatulistiwa Nusantara Bulungan, perolehan nilai biru.

“Selamat buat perusahaan yang memperoleh penghargaan ini,” ucap Irianto. Pada saat yang sama Irianto berharap ke depan, perusahaan yang memperoleh penghargaan seperti ini tidak diwakilkan oleh bawahan. Hal ini dilakukan sebagai upaya saling menghargai baik yang memberi penghargaan maupun terhadap lingkungan.

“Ini harus saya sampaikan. Jadi bagi perusahaan jika diundang pemerintah provinsi, khususnya gubernur, tolong jangan diwakilkan. Jika diwakilkan, saya instruksikan kepada SKPD yang terkait perijinan akan kita berikan perlakuan yang sama perusahaan tersebut. Kita wakilkan juga,” tegas Irianto. Perusahaan diminta menjadikan hal ini pelajaran ke depannya sebagai bentuk kerja sama dan koordinasi baik terhadap pemerintah. Meski diwakilkan oleh staf perusahaan, apresiasi Irianto atas ketaatan perusahaan tidak berkurang.

Bahkan perusahaan ini diharapkan terus meningkatkan kepeduliannya terhadap lingkungan sekitar. Selain diadakannya proper perusahaan, BLH juga menilai sekolah-sekolah yang peduli terhadap lingkungan hidup atau adiwiyata. Sedikitnya ada 13 sekolah dari 5 kabupaten/kota yang memperoleh penghargaan yang langsung diberikan oleh Gubernur.

Sebelumnya rangkaian peringatan hari lingkungan hidup juga telah dilaksanakan dalam bentuk penanaman pohon pelindung sepanjang jalan manunggal yang belum lama diresmikan Gubernur pada 26 dan 27 Mei lalu. Serta pembersihan dan penyemprotan jalan di sepanjang Jalan Sengkawit pada 26 Mei. Setiap SKPD juga diminta partisipasinya untuk menanam minimal 20 bibit pohon di jalan manunggal. Sebanyak 45 ekor burung merpati juga dilepas di kantor Gubernur.

Tahun ini BLH bahkan telah berinovasi membuat aplikasi elektronik untuk menampung aduan masyarakat terkait masalah lingkungan hidup yag terjdi di daerah di 5 kabupaten/kota yang dapat diakses melalui smartphone atau akses online situs resmi di www.pengaduanblhkaltara.com. Selain itu BLH juga akan membuka kantor sekretariat pos pengaduan untuk Kaltara.

Selain itu, Pemprov juga akan berpartisipasi mengikuti pameran lingkungan hidup di Jakarta Convension Center (JCC) pada 9 hingga 12 Juni mendatang. “Kita akan ajak seluruh Badan Lingkungan Hidup kabupaten/kota, SKPD terkait, dan pihak swasta yang ingin berpartisipasi mengisi stand kita di Jakarta,” ujarnya.