Pawai Takbir Berlangsung Meriah

id ,

Pawai Takbir Berlangsung Meriah

MERIAH : Gubernur Kaltara, Dr H Irianto Lambrie menghadiri sekaligus melepas peserta pawai takbir menggunakan perahu hias di Sungai Kayan, Minggu (11/9) malam. (dok humas)

Tanjung Selor (Antara News Kaltara) - Penyelenggaraan pawai takbir perahu hias di Sungai Kayan, Kabupaten Bulungan, mendapatkan apresiasi dari Gubernur Kaltara, Dr H Irianto Lambrie. Bahkan, sewaktu ditugaskan menjadi Penjabat (Pj) Gubernur, Irianto kerap menghadiri acara tersebut.

“Sangat mengapresiasi kegiatan tersebut, karena hanya satu-satunya ada di Kaltara,” ujarnya, Minggu (11/9) malam. Ia berharap agar pelaksanaan kegiatan tersebut dapat membantu meningkatkan perekonomian masyarakat Kabupaten Bulungan.

Turut serta dalam acara ini Sekretaris Provinsi Kaltara H Badrun, Bupati Bulungan Sudjati, Ketua DPRD Bulungan Syarwani, Ketua Pengadilan Negeri Tanjung Selor Achmad Ukayat, Kapolres Bulungan Achmad Sulaiman dan beberapa pejabat lainnya di lingkungan Pemkab Bulungan dan Pemprov Kaltara.

Menurut Gubernur, pemanfaatan sungai Kayan harus terus ditingkatkan. Pasalnya, dengan begitu, dapat memicu kesejahteraan di masyarakat. Untuk itu, Gubernur berharap pada kegiatan tahun depan, pemerintah provinsi (Pemprov) dapat ikut andil meramaikan pawai takbir dengan perahu hias tersebut.

“Sungai harus bisa dimanfaatkan, untuk hiburan masyarakat sebagai potensi wisata. Pemerintah harus memulainya, sebagai upaya mengundang wisatawan yang ada,” jelasnya.

Sebagai momen perayaan Iduladha, Gubernur mengajak, seluruh umat islam dan masyarakat kaltara, dapat menjadikan momen ini sebagai ajang evaluasi diri.

“Kalau setiap orang dapat memperbaiki dirinya, maka masyarakat kaltara akan menjadi masyarakat yang bisa menjaga kedamaian daerah,”jelasnya

Untuk diketahui, ada dua kategori yang dilombakan pada pawai takbir ini yaitu kategori kapal atau dompeng dan kategori perahu tambangan.

Kategori kapal atau dompeng dimenangkan oleh Masjid Jami Habib Ahmad Altar Tanjung Selor. Juara dua Masjid Jami Al Muhajirin Tanjung Palas. Juara tiga Masjid Al Amin Tanjung Palas. Dan juara empat Masjid Al Muhajirin Jelarai Tengah.

Untuk kategori Kapal atau dompeng, juara satu hingga empat masing-masing mendapatkan hadiah Rp 10 juta, Rp 8 juta, Rp 6 juta dan Rp 4 juta.

Sementara itu untuk kategori perahu tambangan, juara satu diraih Masjid Al Asnawiyah Karang Anyar. Juara dua Masjid Kasimudin Tanjung Palas Tengah. Juara tiga dari RT 01 Tanjung Palas dan juara empat dari Langgar Al Ihsan Tanjung Palas Ilir.

Untuk kategori perahu tambangan, juara satu hingga empat masing-masing mendapatkan hadiah piala dan uang pembinaab sebesar Rp 7 juta, Rp 5,5 juta, Rp 3,5 juta dan Rp 2 juta.

"Tahun depan, hadiahnya akan kami tingkatkan dari tahun ini. Minimal seperti tahun lalu, hadiahnya sepeda motor untuk tahun depan. Agar bisa semakin meriah," ujar Gubernur Kaltara Irianto Lambrie.

Sebelumnya, Gubernur juga telah menyerahkan bantuan hewan qurban secara simbolis di Masjid Nurul Islam, Kota Tarakan. “Kami berharap, agar bantuan yang diberikan mendapatkan berkah dari Allah swt,” jelasnya.