PLN Nunukan Diminta Sigap Atasi Listrik

id ,

PLN Nunukan Diminta Sigap Atasi Listrik

Nunukam malam indah jika listrik nyala (Datiz)

Oleh M Rusman

Nunukan (Antara News Kaltara) - Bupati Nunukan, Kalimantan Utara Asmin Laura Hafid mengharapkan agar PT. PLN Persero lebih sigap lagi dalam mengantisipasi terjadinya pemadaman listrik yang sering berlangsung di daerahnya.

Ketika ditanya soal langkah-langkah Pemkab Nunukan mengantisipasi pemadaman listrik, Kamis menegaskan, listrik yang menjadi kebutuhan dasar masyarakat di wilayah perbatasan RI-Malaysia ini belum bisa bebas dari berbagai persoalan masih seringnya berlangsung pemadaman.

Padahal, lanjut dia, PT PLN telah menjanjikan tidak akan melakukan pemadaman listrik lagi tetapi pada kenyataannya masih berlangsung sehingga memang perlu adanya penanganan serius sekaitan dengan masalah tersebut.

PT PLN selaku pengelola teknis masalah kelistrikan, tentunya bertindak lebih sigap mengantisipasi pemadaman walaupun dia akui, kendalanya dari faktor geografis dimana pembangkit listrik tenaga mikro gas (PLTMG) yang berada di Sebaung Kecamatan Sebuku itu jaringan transmisinya sebagian berada di bawah laut menuju Pulau Sebatik.

"Memang kita harus akui faktor geografis yang menjadi kendala karena sebagian jaringan transmisinya berada di bawah laut menuju Pulau Sebatik," ungkap Asmin Laura Hafid.

Selain itu, kata dia, mendapatkan laporan dari PT PLN setempat pemadaman listrik sering terjadi akibat kerusakan pada kompresor PLTMG. Namun sebaiknya ada solusi tepat dan cepat yang dilakukan PT PLN karena permasalahannya selalu sama (kompresor) yang menyuplai gas ke mesin pembangkit.

"PLN harus profesional mengelola kelistrikan di Nunukan, jangan saling lempar kesalahan dengan PT Pertamina selaku penyedia gas," harap dia.