Waspadai Gelombang Tinggi Nunukan

id waspadai gelombang tinggi nunukan

Pelabuhan penyeberangan Nunukan-Sebatik (Iskandar Datu)

Nunukan (Antaranews Kaltara) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Nunukan mengimbau agar warga pengguna transportasi laut dan nelayan agar hati-hati karena diprakiraan akan terjadi cuaca ekstrem di Nunukan, Kalimantan Utara yang menyebabkan gelombang laut mencapai 1,5 meter.

Sehubungan dengan kondisi cuaca tersebut, BMKG Kabupaten Nunukan mengimbau kepada warga pengguna transportasi laut dan nelayan agar waspada saat beraktivitas khususnya di perairan Pulau Nunukan.

Prakirawan BMKG Nunukan, Muhammad Taufik di Nunukan, Selasa membenarkan, sesuai pengamatan melalui satelit memang terdeteksi kondisi cuaca yang kurang baik di sekitar wilayah Kabupaten Nunukan.

Gelombang laut yang meningkat tersebut dapat mengancam jiwa pengguna jasa angkutan laut atau nelayan pada khususnya akibat angin kencang.

Ia mengatakan, angin kencang di darat terjadi pada pagi hari hingga siang hari tersebut yang mengakibatkan gelombang laut tinggi hingga beberapa hari ke depan di wilayah perairan Pulau Nunukan dan sekitarnya.

Taufik menyarankan, nelayan yang menggunakan perahu ukuran kecil agar tidak beraktivitas dulu beberapa hari ke depan karena gelombang laut dapat saja terjadi lebih tinggi dari perkiraan semula.

Sementara pihak Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Nunukan berpendapat sama agar nelayan dan pelayaran lainnya yang menggunakan kapal ukuran kevil tidak melakukan aktivitas dulu saat ini.

Pewarta :
Editor: Iskandar Zulkarnaen
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar