Masyarakat adat serahkan senjata api rakitan

id Senpi rakitan

Ketua Adat Tidung Kecamatan Sembakung, Syahrin Bajok (kiri) menyerahkan senpi miliknya kepada Danramil 0911-04 Sembakung, Kapten Inf Ibrahim Bahar (kanan) di Makoramil Sembakung.

Oleh M Rusman

Nunukan, (Antaranews-Kaltara) - Masyarakat Adat Tidung Kabupaten Nunukan, Kaltara menyerahkan sepucuk senjata api rakitan kepada Komando Rayon Militer (Koramil) setempat.

Ketua Adat Tidung Kecamatan Sembakung, Syahrin Bajok di Sembakung, Sabtu menyatakan setelah mendapatkan pemahaman bahaya kepemilikan senpi dari bintara pembina desa (babinsa) maka ada warga berinisiatif menyerahkannya senjata kepada TNI AD.

Penyerahan yang dilakukan di Markas Koramil 0911-04 Sembakung pada Senin (9/4) sekira pukul 11.00 WITA yang diterima Komandan Koramil Sembakung Kapten Inf Ibrahim Bahar.

Senpi jenis penabur yang digunakan berburu selama ini, kata Syahrin diperoleh dari masyarakat adat di Kecamatan Sembakung.

Komandan Koramil 0911-04 Sembakung, Ibrahim Bahar mengutarakan, peranan babinsa sangat penting dalam memberikan pemahaman kepada masyarakat terkait dengan kondisi wilayah.

Langkah efektif yang dilakukan jajarannya dengan bersilaturrahmi di rumah-rumah warga secara terus menerus mengsosialisasikan bahaya keamanan atas kepemilikan senpi tanpa izin.

Mengenai senpi yang diterima langsung dari Ketua Adat Masyarakat Tidung masih diamankan di Markas Koramil Sembakung.
Pewarta :
Editor: Rusman
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar