Pupuk Indonesia Rayakan HUT Di Tapal Batas

id hut ri sebatik

Pupuk Indonesia Rayakan HUT Di Tapal Batas

pupuk indknesia serahkan bantuan usai upacara hut RI ke-73 (mohamad sodali)

Merah putih di tepal batas (mohamad sodali)
suasana upacara (mohamad sodali)
suasana upacara (mohamad sodali)
Sebatik (Antaranews Kaltara) - Suasana khidmat dan nuansa heroik dirasakan para peserta perayaan HUT RI 2018 atau ke-73 di Pulau Sebatik, Nunukan, Kaltara.

Dilaporkan di Sebatik, Jumat suasana heroik itu dirasakan oleh para siswa DKI Jakarta yang mengikuti program Siswa Mengenal Nusantara (SMN).

Mereka begitu antusias karena melihat langsung berbagai simbol kebangsaan di Sebatik seperti tugu Garuda Perkasa dan Pos Lintas Batas.

PT Pupuk Indonesia (Persero) sebagai bentuk penugasan dari Kementerian BUMN dalam rangkaian kegiatan BUMN Hadir Untuk Negeri (BHUN) hadir dalam upacara itu.

Upacara diadakan di Lapangan Aji Kuning, Pulau Sebatik, Kalimantan Utara pada Jumat (17/8). Bertindak sebagai inspektur upacara yaitu Direktur Utama PT Pupuk Indonesia (Persero), Aas Asikin Idat.

Upacara peringatan HUT RI ke-73 di Pulau Sebatik tersebut dihadiri oleh jajaran Direksi PT Pupuk Indonesia (Persero), jajaran Direksi PT Pupuk Kalimantan Timur, dan masyarakats erta pelajar Pulau Sebatik.

Turut hadir pula Dandim dan Tim KSPP I Kementerian BUMN.

“Pupuk Indonesia hadir di Kalimantan Utara dalam rangka program BUMN Hadir Untuk Negeri yang diinisiasi oleh Kementerian BUMN," kata Ass.

"Kegiatan yang diselenggarakan di seluruh Indonesia ini diadakan guna memajukan perekonomian daerah, meningkatkan kesejahteraan Masyarakat serta menunjukan bahwa BUMN hadir dalam segala aspek kehidupan masyarakat” imbuh Aas.

Dalam upacara tersebut, Pupuk Indonesia menyerahkan berbagai bantuan yang ditunjukan untuk masyarakat Pulau Sebatik dengan total senilai Rp 325 juta dengan rincian renovasi sekolah SD 005 Kecamatan Sebatik senilai Rp 220 juta, bantuan buku senilai Rp 80 juta, dan bantuan tempat sampah senilai Rp 25 juta.

Pupuk Indonesia juga mengadakan kegiatan jalan sehat 5K, Pameran UMKM, dan berbagai Lomba Rakyat yang menghadirkan konser musik dan kuliner gratis.

“Kami merasa bahwa Program BUMN Hadir Untuk Negeri ini sangatlah positif dan tentunya berharap untuk dapat terus berlanjut karena manfaatnya yang bisa dirasakan masyarakat secara langsung, karena kembali lagi kami sebagai BUMN peran kami tidak saja hanya mencari keuntungan yang sebesar-besarnya namun juga untuk membangun Negeri dan mensejahterakan masyarakat” Tutup Aas.

Sebagai informasi dalam penugasannya untuk program BUMN Hadir Untuk Negeri Pupuk Indonesia telah melaksanakan berbagai program.

Antara lain meliputi program Mudik Gratis yang telah dilaksanakan pada Lebaran lalu, Peringatan HUT Kemerdekaan RI di wilayah 3T (Terluar, Terdepan, Tertinggal), dan BUMN Hadir di Kampus yang akan dilaksanakan di Bulan Oktober, Konservasi Badak.

Pupuk Indonesia juga mengadakan program Siswa Mengenal Nusantara (SMN) dengan mengirimkan 23 siswa berprestasi dari DKI Jakarta ke Kalimantan Utara untuk mempelajari budaya dan mengenal keberagaman Nusantara melalui berbagai kunjungan ke Museum, Konservasi Mangrove dan Bekantan, dan Rumah Kreatif BUMN yang berada di Kota Tarakan, Kalimantan Utara.


Tidak hanya itu, mereka juga menjalani program “2 Hari Bersama TNI” guna membangkitkan rasa Nasionalisme dan cinta Tanah Air peserta SMN.