14 Pejabat Bersaing Jadi Karo Pembangunan

id Seleksi, Karo, pembangunan, Kaltara

Gambar Ilustrasi (humasprovkaltara)

Tanjung Selor (Antaranews Kaltara) - Berdasarkan Surat Keputusan (SK) Ketua Panitia Seleksi (Pansel) Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) Pratama Kepala Biro (Karo) Pembangunan Sekretariat Daerah Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) Nomor 12/Pansel-Pratama/Kaltara.2018 tentang Pelamar Yang Dinyatakan Lulus Seleksi Administrasi Calon Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama Kepala Biro Pembangunan Sekretariat Daerah Provinsi Kalimantan Utara Tahun 2018, maka ada 14 pelamar yang dinyatakan lolos ke tahapan seleksi selanjutnya. Mereka, diantaranya adalah Dr Ir Rahmat Wahyullah ST MT, drh Muhammad Rais Kahar MSi, Nurdiana SPi, Denny Harianto SE MM, dan lainnya.

Dijelaskan Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Kaltara Mohammad Ishak, ke-14 pelamar tersebut akan mengikuti sejumlah tahapan seleksi JPT Pratama. Yakni, uji kompetensi melalui metode assessment test pada 27 hingga 28 Agustus yang difasilitatori oleh tim assessor. "Sesuai jadwalnya, maka seleksi uji kompetensi ini direncanakan pengumuman hasilnya pada 10 September mendatang," kata Ishak. 14 pelamar tersebut, dijadwalkan masuk ke Assessment Center Pusat Kajian, Pendidikan dan Pelatihan Aparatur (PKP2A) I Lembaga Administrasi Negara (LAN) Jatinangor pada 26 Agustus mendatang.

Setelah diketahui hasil uji kompetensi, tahapan selanjutnya adalah para peserta yang lulus pada uji kompetensi akan mengikuti seleksi penulisan makalah, presentasi dan wawancara. Kegiatan ini dijadwalkan pada 12 hingga 13 September di Tanjung Selor. "Untuk penulisan makalah, presentasi dan wawancara akan difasilitatori oleh panitia seleksi," ungkap Ishak.

Terjadwal, pengumuman akhir hasil assesment akan disampaikan pada 17 September mendatang oleh panitia seleksi. Guna diketahui, panitia seleksi JPT Pratama Kepala Biro Pembangunan ini diketuai oleh Penjabat (Pj) Sekretaris Provinsi (Sekprov) Kaltara H Syaiful Herman.

Tak terlepas dari itu, dijelaskan pula oleh Ishak, bahwa semula seleksi JPT Pratama ini terbuka untuk jabatan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Penelitian dan Pengembangan (Bappeda-Litbang) dan Kepala Biro Pembangunan. Namun, karena untuk jabatan Kepala Bappeda-Litbang kekurangan peminat, maka atas arahan Gubernur Kaltara Dr H Irianto Lambrie dilakukanlah kebijakan rolling jabatan terhadap aparatur yang dianggap berkompeten dan kualitatif. "Sementara untuk jabatan Kepala Biro Pembangunan, tetap berlanjut sesuai aturan. Lantaran, segala aspek pelaksanaan seleksi telah terpenuhi. Termasuk jumlah pelamar," urai Ishak.

Sebelumnya, Gubernur Kaltara Dr H Irianto Lambrie pada rapat staf

9 Agustus lalu menegaskan, akan melakukan kebijakan rolling pejabat untuk mengisi jabatan Kepala Bappeda-Litbang Provinsi Kaltara. Ini dilakukan, selain karena peminatnya kurang, juga karena jabatan ini terhitung penting bagi kelancaran roda pemerintahan di Kaltara. "Untuk jabatan yang kosong pasca pengisian jabatan kepala Bappeda-Litbang, saya minta dilakukan seleksi sebagaimana aturan yang berlaku," ungkap Irianto.

Khusus untuk jabatan kepala Bappeda-Litbang, Gubernur memastikan akan digelar rapat Tim Penilai Kinerja (TPK) untuk menetapkan pejabat yang akan mendudukinya. "Insyaallah akan ditetapkan secepatnya pejabat definitif kepala Bappeda-Litbang. Ini posisi yang strategis, jangan sampai kosong. Sementara untuk, kepala Biro Pembangunan, tetap berproses sesuai aturan," ulas Irianto. Ditargetkan, pejabat definitif kepala Bappeda-Litbang akan ditetapkan sebelum September 2018.

Pewarta :
Editor: Firsta Susan Ferdiany
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar