Gubernur Canangkan Gerakan 'Kaltara Bersih'

id Pencanangan, gerakan, kaltara, bersih

RAPAT STAF : Gubernur Kaltara Dr H Irianto Lambrie saat memimpin rapat staf dengan para kepala OPD/Biro di lingkup Pemprov Kaltara, Selasa (21/8). (humasprovkaltara)

Tanjung Selor (Antaranews Kaltara) - Gubernur Kalimantan Utara (Kaltara) Dr H Irianto Lambrie mencanangkan gerakan 'Kaltara Bersih', dan diinstruksikan untuk segera dilaksanakan. Pernyataan ini disampaikan Gubernur saat memimpin rapat staf bersama kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Selasa (21/8).

Irianto mengungkapkan, adanya gerakan ini diharapkan dapat memberikan stimulasi kepada masyarakat untuk terus menjaga kebersihan lingkungannya. Teknisnya, agenda ini akan dilakukan rutin setiap bulannya yang dimotori oleh jajaran pemerintahan.

"Pemerintah kabupaten/kota akan dilibatkan hingga tingkat RT," ujar Irianto.

Irianto meminta agar gerakan itu dapat dilaksanakan mulai 30 Agustus 2018 secara serentak. Karena itu ia menginstruksikan kepada OPD terkait seperti Dinas Kesehatan, Dinas Kelautan dan Perikanan serta Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Kaltara untuk membuat surat edaran kepada instansi di kabupaten/kota untuk ikut berpartisipasi pada agenda itu. "Ini harus kita laksanakan, supaya daerah kita dapat terjaga kebersihannya," ungkap Gubernur.

Selain unsur pemerintahan, Gubernur juga menginstruksikan agar surat edaran itu juga didistribusikan ke Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompimda) Kaltara. Menurut Irianto, jika jajaran pemerintahan dapat memberi contoh dalam hal kebersihan, tentu akan memberikan manfaat positif dan ditiru oleh masyarakatnya. "Termasuk Polda kita libatkan dalam kegiatan ini. Dan surat itu nantiNya kita tembuskan ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri)," tutur Irianto.

Sebelumnya, Pemprov Kaltara juga telah mencanangkan gerakan 'Kaltara Bersedekah' yang langsung diinisiasi oleh Gubernur. Hal ini bertujuan untuk mengingatkan mengenai pentingnya program pengentasan kemiskinan. "Umat Islam sangat tidak dianjurkan untuk pelit dan serakah. Kalau kita mau memberi infak dan sedekah maka sedianya akan mengurangi jumlah orang miskin," jelas Gubernur.

Gubernur pun memaparkan sejumlah program pendidikan yang dilaksanakan Pemprov Kaltara. Lalu program pembangunan infrastruktur dan bidang pertanian. Irianto juga mengingatkan tentang pentingnya kewaspadaan terhadap perilaku remaja saat perayaan Idulfitri nanti. "Saya harap, jaga anak-anak kita dari kecelakaan akibat kebut-kebutan atau hal buruk lainnya. Di Kaltara ini, bahaya narkoba dan miras sudah merajalela. Mari jaga keluarga kita dari bahaya itu," urai Gubernur.

Ia berharap, melalui dua program ini dapat memberikan efek positif kepada masyarakat yang ada di Kaltara. Sehingga pembangunan yang digagas olehnya dapat tersentuh dari semua sektor.

Pewarta :
Editor: Firsta Susan Ferdiany
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar