Pemprov-Polda Kaltara Canangkan Kaltara Bersih

id Pencanangan,Kaltara, Bersih, Polda, Kaltara

KALTARA BERSIH : Wagub Kaltara H Udin Hianggio mewakili Gubernur Kaltara Dr H Irianto Lambrie bersama Kapolda Kaltara Brigjen Pol. Indrajit melakukan pencanangan Kaltara Bersih, Jumat (7/9). (humasprovkaltara)

Tarakan (Antaranews Kaltara) - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Utara (Kaltara) bersama Kepolisian Daerah (Polda) Kaltara mencanangkan program 'Kaltara Bersih'. Pencanangannya dilakukan Wakil Gubernur (Wagub) Kaltara H Udin Hianggio yang mewakili Gubernur Kaltara Dr H Irianto Lambrie bersama Kapolda Kaltara Brigadir Jenderal (Brigjen) Pol. Indrajit, Jumat (7/9) di Pantai Amal Lama, Kota Tarakan.

Disebutkan Wagub, Kaltara Bersih merupakan gagasan dari Kapolda Kaltara yang disambut Gubernur Kaltara dengan baik, hingga dapat terimplementasikan mulai saat ini. "Dasar pemikirannya, kebersihan itu pangkal kesehatan. Dan, bagi umat Islam, kebersihan merupakan sebagian dari iman," kata H Udin pada Upacara Peluncuran Program Kaltara Bersih.

Dengan digelarnya kegiatan ini, menegaskan akan kesadaran dari Pemprov bahwa kesehatan merupakan salah satu barometer kemajuan dan kemandirian berpikir serta berkehidupan masyarakatnya. "Mari kita wujudkan Kaltara yang bersih dan asri. Bahkan, jika program ini dilaksanakan sungguh-sungguh, bukan mustahil Kaltara akan menjadi percontohan provinsi terbersih di Indonesia," urai H Udin.

Untuk itu, Wagub mengajak masyarakat, utamanya kaum pendidik juga orangtua untuk mengajarkan kepada putra-putrinya untuk berbudaya bersih. "Ayo didik anak-anak kita untuk mencintai dan membudayakan kebersihan," ungkap Wagub.

Sementara itu, Kapolda Kaltara Brigjen Pol. Indrajit menuturkan, kegiatan ini sedianya digelar di seluruh wilayah Kaltara. "Dari kegiatan ini diharapkan masyarakat untuk berpikir mencintai dan membudayakan kebersihan. Baik di lingkungan keluarga, rumah, RT, perumahan, termasuk wilayah sungai dari perairan lainnya," kata Kapolda.

Di kesempatan itu, Wagub didampingi Wakapolda Kaltara Komisaris Besar (Kombes) Pol.Zainal Arifin Paliwang juga membagikan stiker imbauan dan sosialisasi Kaltara Bersih kepada masyarakat. Termasuk, kepada para pengusaha speedbot reguler di Pelabuhan Tengkayu I.

Selain itu, turut diserahkan pula 10 unit kendaraan roda tiga kepada Pemerintah Kota (Pemkot) Tarakan melalui Walikota Tarakan Sopian Raga, sekitar 100 buah papan imbauan kebersihan dan bibit tanaman peneduh kepada perwakilan lembaga dan masyarakat umum.

Pewarta :
Editor: Firsta Susan Ferdiany
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar