Berikan Pembinaan, DPK Kaltara Gelar Workshop

id Workshop, Perpustakaan, Kearsipan

Berikan Pembinaan, DPK Kaltara Gelar Workshop

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Kaltara Hermawan saat membuka Workshop (humasprovkaltara)

Tanjung Selor (ANTARA) - Sebagai wadah pengetahuan, perpustakaan menjadi salah satu sarana yang menjadi idola pelajar di Kaltara untuk menambah wawasan. Karena itu, Rabu (20/11) Pemprov Kaltara melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kaltara menggelar Workshop Keperpustakaan dan Kearsipan Provinsi Kalimantan Utara Tahun 2019 di Ballroom Hotel Pangeran Khar.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Kaltara Hermawan menyampaikan maksud dan tujuan dilaksanakannya adalah upaya DPK Kaltara untuk melakukan pembinaan bidang perpustakaan dan kearsipan sekaligus upaya koordinasi dan informasi antara pelaku kegiatan. “Kegiatan ini dihadiri 70 peserta workshop dari pengelola arsip OPD Provinsi Kaltara, tenaga pengelola arsip dan perpustakaan sekolah tingkat SMA/SMK/MA dan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kaltara,”kata Hermawan.

Dijelaskannya, perpustakaan adalah institusi pengelola karya tulis, karya cetak dan/atau karya rekam secara professional dengan sistem baku guna memenuhi kebutuhan pendidikan, penelitian, pelestarian, informasi, dan rekreasi para pemustaka. “Ini juga menjadi dasar akreditasi perpustakaan sekolah maupun/ madrasah dengan menyelenggarakan perpustakaan yang memenuhi standar nasional perpustakaan dengan memperhatikan standar nasional Pendidikan,”jelasnya.

Dalam mengelola perpustakaan, DPK Kaltara juga melibatkan berbagai pihak terutama pengelola perpustakaan sekolah dan stakeholder terkait agar memperoleh hasil maksimal dalam kegiatan akreditasi. “Karena akreditasi perpustakaan merupakan hal yang penting dilakukan oleh perpustakaan di Kaltara. Guna menilai sejauh mana pengelolaan, ketersediaan buku, kemampuan pengelola dan kegiatan perpustakaan di Kaltara,”pungkasnya.