Mengapa Google hapus ratusan aplikasi Android di Play Store ?

id Google aplikasi android

Mengapa Google hapus ratusan aplikasi Android di Play Store ?

Google hapus ratusan aplikasi Android di Play Store

Jakarta (ANTARA) - Google telah menghapus hampir 600 aplikasi Android yang "mengganggu" di Play Store dalam upaya terbaru untuk mengendalikan penipuan iklan di perangkat seluler.

Kebijakan Google tidak mengizinkan iklan tampil ketika aplikasi tidak digunakan atau mengelabui pengguna untuk mengklik iklan secara tidak sengaja.

Baca juga:Microsoft luncurkan aplikasi Office untuk Android

Baca juga:Perangkat Android akan dibekali pra-instal aplikasi YouTube Music


Dikutip dari The Verge, Jumat, Google mengatakan mendefinisikan iklan "pengganggu" sebagai " iklan yang ditampilkan kepada pengguna dengan cara yang tidak terduga, termasuk merusak atau mengganggu kegunaan fungsi perangkat."

Misalnya, iklan yang muncul memenuhi layar selama panggilan telepon atau saat menggunakan aplikasi navigasi, menurut Senior Product Manager Ad Traffic Quality Google, Per Bjorke.

Bjorke juga mengatakan bahwa Google telah mengembangkan "pendekatan berbasis pembelajaran mesin" untuk membantu mendeteksi iklan di luar konteks aplikasi.

"Pengembang jahat terus menjadi lebih cerdas dalam menyebarkan dan menutupi iklan yang mengganggu, tetapi kami telah mengembangkan teknologi baru kami sendiri untuk melindungi pengguna dari perilaku ini," kata Bjorke.

Menurut laporan BuzzFeed News, sebagian besar aplikasi yang ditemukan melanggar aturan tersebut dibuat oleh pengembang yang berbasis di China, India, dan Singapura, dan mayoritas ditujukan untuk pengguna yang berbahasa Inggris.

Menurut Bjorke, pengembang yang melanggar aturan tersebut telah menggunakan teknik serupa untuk menghindari deteksi, tetapi dia tidak mengetahui apakah hal itu merupakan upaya yang terkoordinasi.

Bjorke menambahkan bahwa Google akan menawarkan pengembalian uang kepada merek yang iklannya kemungkinan terpengaruhi olehpop-upyang mengganggu.

Ini bukan kali pertama Google melakukan tindakan keras kepada pengembang. Pada bulan Juli, Google melarang pengembang China, CooTek, yang menggunakanplug-in adwareuntuk mengirim iklan secara agresif kepada pengguna, bahkan ketika sebuah aplikasi tidak digunakan.

Baca juga:Peneliti temukan 17 aplikasi Android serang pengguna dengan iklan

Baca juga:Twitter temukan kerentanan keamanan pada aplikasi Android


Baca juga:Aplikasi kamera Android punya celah keamanan
Penerjemah: Arindra Meodia
Editor: Suryanto