Pakar sebut 91 juta data dijual, Tokopedia jamin tak ada kebocoran data

id Data Tokopedia dijual

Pakar sebut 91 juta data dijual, Tokopedia jamin tak ada kebocoran data

Pakar sebut 91 juta data bocor, Tokopedia jamin tak ada kebocoran data

Jakarta (ANTARA) - Setelah kabar tentang 15 juta data pengguna Tokopedia bocor, pakar keamanan siber dari Vaksin.com, Alfons Tanujaya, justru memperkirakan ada 91 juta data pengguna yang disebarkan dan di jual didark web.

"Menurut pantauan Vaksin.com, sebenarnya malah ada 91 jutadatabasedyang disebarkan didark webdan berusaha dijual dengan harga 5.000 dolar AS," kata Alfons saat dihubungi Antara di Jakarta, Minggu.

Menurut Alfons, jumlah tersebut bahkan sesuai dengan penyataan Tokopedia belum lama ini yang menyebut memiliki lebih dari 90 juta pengguna aktif bulanan. "Kalau ditawarkan sebanyak itu, harusnya memang benar. Itu juga terkonfirmasi dengan pernyataan Tokopedia," ujar Alfons.

Lebih lanjut, dia mengatakan informasi yang bocor adalahusername, alamat email, tanggal lahir dan nomor telepon. Kebocoran nomor telepon, menurut Alfons, cukup mengkhawatirkan, sebab dapat digunakan untuk rekayasa sosial, memalsukan diri sebagai Tokopedia misalnya, dengan iming-iming menang undian, lalu membohongi korban.

Baca juga:Tokopedia selidiki data pengguna yang bocor

Baca juga:Data 15 juta pengguna Tokopedia dikabarkan bocor


Di dalam data yang bocor, lanjut Alfons,passwordbentukhash, yang telah dienkrip, sehingga tanpa mengetahui kunci dekrip cukup sulit untuk mendapatkan password.

Menurut Alfons, seharusnya semua layananonlineyang mengeloladatabasedanpasswordmemang telah melakukan fungsihashinguntuk menyimpan semuapasswordagar jika terjadi kebocoran, makapasswordtetap aman.

Meskipasswordtelah dienkripsi, pembobolan dapat dilakukan dengan metodebrute force, upaya serangan dengan menggunakan algoritma yang menggabungkan huruf, angka dan simbol untuk menghasilkanpassword.

"Brute forceitu bisa terjadi kalau dari Tokopedianya tidak memblokir prosesbrute force, jadi kalau diblokir, login gagal sekali tahan dulu 10 menit, gagal dua kali tahan 20 menit, gagal tiga kali tahan satu jam, dan seterusnya, jadi secara teknis sangat sulit jika ada proteksibrute forceuntuk melakukanbrute forcedenganpasswordini," ujar Alfons.

Untuk mengantisipasi kemanan pengguna, Alfons menyarankan Tokopedia untuk memberikan perhatian ekstra pada pengamanan infrastruktur khususnya yang berhubungan dengan kredensial dandatabasepengguna, terlebih dalam masaWork From Home(WFH) seperti saat ini.

"Karena meningkatnyauserdan aktivitas selama WFH, otomatis meningkatkan beban kerja admin dengan luar biasa," kata Alfons.

Sementara itu, dalam keterangan tertulisnya, Minggu siang, VP of Corporate Communications Tokopedia, Nuraini Razak, menjamin tidak ada kebocoran data pembayaran.

"Tokopedia memastikan tidak ada kebocoran data pembayaran. Seluruh transaksi dengan semua metode pembayaran, termasuk informasi kartu debit, kartu kredit terjaga keamanannya," ujar Nuraini.

Baca juga:Tokopedia luncurkan tiga inovasi baru untuk penjual dan pelanggan

Baca juga:Ramadhan ini, Tokopedia geser fokus dari selebrasi jadi solusi pandemi

Baca juga:Tokopedia gelar konferensi dukung pertumbuhan talenta digital
Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Maria Rosari Dwi Putri