Debat Publik Cabup-Cawabup Nunukan 22 Nopember

id kpu, nunukan,debat calon, pilkada 2020

Debat Publik Cabup-Cawabup Nunukan 22 Nopember

Kpu

Nunukan (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Nunukan hanya menggelar satu kali debat publik bagi pasangan Cabup-Cawabup pada 22 Nopember 2020 dengan moderator dari Universitas Gajah Mada (UGM).

Ketua KPU Nunukan, Rahman di Nunukan, Senin mengatakan sebelum hari H pelaksanaan debat publik terlebih dahulu mempertemukan pasangan Cabup-Cawabup dengan moderator tersebut. Untuk menghindari adanya persepsi negatif yang ditujukan kepada KPU Nunukan selaku penyelenggara.

"Nanti itu, KPU Nunukan akan mempertemukan moderator dari UGM ini dengan semua paslon (Cabup-Cawabup) dalam satu ruangan. Ini kami lakukan agar tidak ada pandangan negatif kepada penyelenggara (KPU Nunukan) bahwa memihak salah satu paslon," ungkap Rahman.

Kemudian, lanjut dia, KPU Nunukan sengaja tidak mengekspos identitas dari moderator yang akan memandu debat publik nantinya. Supaya, tidak ada penilaian negatif kepada KPU Nunukan bahwa penyelenggara tidak netral.

Selain itu, mengenai tema dari materi debat publik nantinya telah diatur dalam Undang-Undang Pilkada maupun Peraturan KPU. Namun mekanisme debat nantinya telah disepakati bersama komisoner KPU Nunukan.

"Karena debat publik pasangan Cabup-Cawabup (Nunukan) cuma satu kali maka tentunya semua materi akan dibahas sekaligus atau mungkin juga ada materi yang tidak didebatkan," ungkap Rahman.

Mengenai tempat pelaksanaan debat publik ini, di GOR Sei Sembilan Kelurahan Selisun Kecamatan Nunukan Selatan pada Minggu malam, 22 Nopember 2020 dimulai sekira pukul 20.00 Wita.

Pilbup Nunukan diikuti dua pasangan calon Bupati-Wakil Bupati yakni Hj Asmin Laura Hafid-H Hanafiah dengan nomor urut 1 juga petahana dan H Danni Iskandar-H Muhammad Nasir nomor urut 2.