Pjs Gubernur : Manfaat Zakat Dapat Menambah Ketaatan

id Sosialisasi,Zakat, Baznas

Pjs Gubernur : Manfaat Zakat Dapat Menambah Ketaatan

SOSIALISASI : Pjs Gubernur Kaltara, Teguh Setyabudi memberikan sambutan pada Sosialisasi Zakat di Gedung Gadis, Selasa (17/11). (humasprovkaltara)

Tanjung Selor (ANTARA) - Penjabat Sementara (Pjs) Gubernur Kalimantan Utara (Kaltara), Teguh Setyabudi membuka kegiatan Sosialisasi Zakat yang diselenggarakan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Provinsi Kaltara di Ruang Serbaguna Gedung Gadis (Gadis) Lantai 1, Selasa (17/11). “Saya berharap kegiatan ini tidak hanya berupa seremonial, tetapi menjadi momen kesadaran kita untuk membayar zakat,” katanya.

Ia mengungkapkan zakat tidak sekedar ibadah yang wajib dikerjakan oleh umat muslim yang memiliki kemampuan ekonomi, tetapi ada manfaat yang terkandung di dalamnya. Beberapa manfaat zakat yakni menambah ketaatan kepada Alllah SWT. Kemudian menjadikan manusia tumbuh berkembang, bertambah kemaslahatan melalui berkah harta yang dimiliki, bertambah pahala serta banyak dosa-dosa yang diampuni. “Zakat tidak merugikan ataupun mengurangi jumlah harta yang kita miliki. Secara nyata, selama ini orang yang pernah berzakat bukan merasa rugi atau menyesal, justru harta kita semakin berkah dan bertambah,” ujarnya.

Pelaksanaan zakat juga sesuai dengan syariat Islam dan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2011 tentang Pengelolaan Zakat, Infaq dan Sedekah serta Instruksi Gubernur Kaltara No. 1/2017 tentang Pengumpulan Zakat di Wilayah Provinsi Kaltara. “Saya harapkan agar seluruh instansi, lembaga, komunitas dan perusahaan yang beroperasi di wilayah Kaltara dapat membantu dalam proses optimalisasi pengumpulan zakat yang dilakukan oleh Baznas Provinsi Kaltara,” ungkapnya.

Selanjutnya, sosialisasi zakat ini sebagai usaha untuk membangkitkan keinginan umat muslim untuk mengeluarkan zakat yang bertujuan menciptakan kesadaran umat muslim terhadap kewajiban membayar zakat, dan mendorong sikap positif umat muslim terhadap zakat. “Teruntuk Aparatur Sipil Negara (ASN) dan Non ASN yang ada di lingkup Provinsi Kaltara, mari kita dukung program Baznas dan ikut memberikan contoh terutama kepada keluarga kita untuk membayar zakat,” urainya.

Dalam kesempatan ini, Pjs Gubernur Kaltara mengingatkan kembali untuk selalu menerapkan protokol kesehatan di setiap aktivitas sehari-hari dengan menerapkan 3 M (menggunakan masker, mencuci tangan dan menjaga jarak). “Mari kita bersama mewujudkan Pilkada Serentak 2020 yang sukses dan aman dari Covid-19 pada 9 Desember nanti,” tutupnya.