Ini beberapa bahan makanan sebaiknya tidak masuk dalam kulkas

id Cara menyimpan makanan,Makanan di kulkas

Ini beberapa bahan makanan sebaiknya tidak masuk dalam kulkas

Bahan makanan ini sebaiknya tidak masuk dalam kulkas

Jakarta (ANTARA) - Cara terbaik untuk membuat makanan bertahan lebih lama adalah dengan memasukkannya ke dalam lemari es, namun ternyata tidak semuanya bisa awet saat berada di kulkas.

Ada beberapa makanan akan mati lebih cepat, kehilangan rasa dan teksturnya, atau menjadi hitam begitu saja, jika disimpan di lemari es. Berikut adalah makanan yang justru akan berubah saat masuk dalam lemari es menurut Independent, Minggu.

Tomat
Memasukkan tomat ke dalam lemari es akan mencegahnya matang dan mematikan rasanya. Menempatkan tomat di lemari es mengubah struktur kimianya dan mengurangi jumlah senyawa volatil dalam buah, yang memengaruhi rasanya.

Tekstur dan warna tomat juga dapat dipengaruhi oleh suhu dingin dan "luka dingin" yang disebabkan oleh suhu di bawah 5 derajat selsius dapat membuat buah lunak dan berlubang di permukaan.

Kentang
Kentang perlu disimpan di tempat yang sejuk dan kering, baik di dalam kertas atau kantong berlubang agar tetap kering tetapi tidak di lemari es. Menyimpannya di lemari es dapat mengubah pati kentang menjadi gula, yang akan memengaruhi teksturnya dan menyebabkannya berubah warna dan terasa manis setelah dimasak.

Baca juga:Tips menyimpan makanan

Bawang merah
Jika bawang tidak dikupas maka dibutuhkan tempat penyimpanan kering yang sejuk dengan banyak ventilasi udara, bukan lemari es yang dingin.

Menurut National Onion Association, satu-satunya waktu yang pas untuk memasukkan bawang dalam lemari es adalah jika bawang tersebut sudah dikupas atau dipotong sebelumnya.

Penyimpanan bawang juga harus dalam pengaturan kelembaban rendah agar tetap kering. Bawang yang telah dipotong dapat disimpan dalam wadah tertutup hingga tujuh hari.

Baca juga:Kesalahan olah bawang putih hingga brokoli

Baca juga:Tomat, buah seksi berjuta kontroversi


Roti
Kulkas "sangat buruk" untuk roti, menurut seriouseats.com. Meskipun membekukan roti bisa sangat menghambat proses yang membuat roti basi, memasukkan roti ke dalam lemari es akan mempercepat prosesnya. Pada dasarnya, suhu dingin menyebabkan pati mengkristal jauh lebih cepat daripada suhu ruangan, mempercepat proses yang membuat roti keras dan basi.

Pisang
Menempatkan pisang matang di lemari es akan membantunya tetap matang selama beberapa hari tetapi jika Anda memasukkannya saat masih agak hijau dan keras maka pisang tidak akan matang sama sekali bahkan setelah Anda mengeluarkannya dari lemari es dan kulit mereka juga akan menjadi hitam.

Pisang adalah buah tropis dan tidak memiliki pertahanan alami terhadap dingin di dinding selnya. Ini menjadi pecah oleh suhu dingin, menyebabkan enzim pencernaan buah bocor keluar dari sel, yang menyebabkan kulit pisang menjadi hitam sepenuhnya.

Bawang putih
Menempatkan bawang putih di lemari es atau kantong plastik bisa membuatnya berjamur. Cara terbaik untuk menyimpan bawang putih, menurut How Stuff Works, adalah menyimpannya pada suhu kamar di tempat yang kering dan gelap yang memiliki sirkulasi udara yang cukup dengan sedikit cahaya untuk menghindari umbi bertunas.

Baca juga:Cara simpan makanan agar tahan lama selama isolasi diri

Baca juga:Teh hitam hingga jus tomat bagus untuk penderita diabetes tipe 2

Baca juga:Corona dan pesona budidaya bawang putih