Puluhan pasien COVID-19 ikuti Shalat Idul Fitri di RSLI Surabaya

id Shalay id,Lebaran

Puluhan pasien COVID-19 ikuti Shalat Idul Fitri di RSLI Surabaya

Puluhan pasien COVID-19 ikuti Shalat Idul Fitri di RSLI Surabaya

Surabaya (ANTARA) - Puluhan pasien terkonfirmasi positif COVID-19 mengikuti Shalat Idul Fitri 1 Syawal 1442 Hijriah di halaman Rumah Sakit Lapangan Indrapura Surabaya, Jawa Timur, Kamis.

"Mereka semua jadi makmum, tapi kami tempatkan di 'zona merah' atau infeksius," ujar Ketua Pelaksana Relawan PPKPC-RSLI Radian Jadid di RSLISurabaya usai Shalat Id.

Jumlah jamaah di zona tersebut sekitar 30 orang, yang terdiri dari pasien umum serta sejumlah Pekerja Imigran Indonesia (PMI) terkonfirmasi positif COVID-19.

Baca juga: RSLI Surabaya merawat 63 orang PMI terkonfirmasi positif COVID-19

Shalat Id juga diikuti makmum tenaga kesehatan, relawan serta petugas setempat, namun berada di "zona hijau" yang lokasinya di depan tenda A (Administrasi).

Bertindak sebagai imam dan khatib yaitu Sa'ad Nasir, yang setiap harinya bertugas di bidang supervisi RSLI dari BPBD Jatim.

Dalam khutbahnya, khatib menyampaikan tentang rasa syukur karena masih diberi kesempatan merayakan Idul Fitri walaupun dalam suasana pandemi COVID-19.

Baca juga: RSLI Surabaya catat 7.000 pasien COVID-19 sembuh

Khatib juga mengajak jamaah berdoa memohon untuk dapat segera diangkat dan disembuhkan sakitnya, serta menjadi penebus maupun pengurang dosa di akhirat kelak.

Setelah Shalat Id dilanjutkan tasyukuran di tenda Administrasi dengan menu khusus opor ayam yang merupakan sumbangan dari para dokter senior. Sedangkan, di tempat berbeda para pasien disiapkan menu spesial Nasi Gudeg khas Yogyakarta.

Baca juga: RS Lapangan Indrapura rawat 34 PMI terkonfirmasi COVID-19

Sementara itu, penanggung jawab RSLI, Laksamana Pertama TNI dr. I Dewa Gede Nalendra Djaya Iswara menyampaikan bahwa penyelenggaraan Shalat Idul Fitri di RSLI untuk membersamai para tenaga kesehatan, relawan dan pasien.

"Di momen yang fitri ini, kami ingin menunjukkan bahwa pasien tidak sendirian, dan pasien selalu didampingi serta diperhatikan," katanya.

Harapannya, kata dia, pasien dapat meningkat imunitasnya dan segera mendapatkan fase kesembuhan.

"Kami ucapkan juga selamat Idul Fitri 1442 Hijriah. Untuk semuanya, kami sampaikan mohon maaf lahir dan batin," tutur dr Nalendra.

Baca juga: Muhammadiyah Surabaya siapkan 100 titik lokasi Shalat Idul Fitri Pewarta: Fiqih Arfani
Editor: Agus Salim

Pewarta :
Editor : Iskandar Zulkarnaen
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar