Catatan Ilham Bintang - Duka Beruntun Dari Orang Orang Dekat Korban COVID-19

id Corona,Covid,Ilham bintang

Catatan Ilham Bintang - Duka Beruntun Dari Orang Orang Dekat Korban COVID-19

Catatan Ilham Bintang - Duka Beruntun Dari Orang Orang (Istimewa)

Jakarta (ANTARA) - Mengawali pagi Senin (21 Juni) dapat berita duka beruntun dari orang dekat : Mohammad Ridwan (50) dan Harry Kaligis (55). Keduanya wafat karena terpapar Covid19.

Kemungkinan besar virus yang menulari dua almarhum varian baru. Ganas. Begitu menjangkiti hanya dalam hitungan hari umumnya korban tak tertolong jiwanya. Ridwan dan Harry meninggal di hari yang sama. Sama -sama setelah tiga hari hasil Swab PCRnya positif. Ridwan malah sudah menjalani vaksin dua kali.

Kabar pertama, datang dari keluarga Mohammad Ridwan (50). Mendiang guru di sekolah Al Falah, Cibubur, sekolah yang dikelola keluarga kami. Semua cucu kami bersekolah di sana. Ridwan bahkan tinggal satu komplek dengan guru dan sebagian keluarga kami di Griya Suralaya, Cipayung Jakarta Timur.

Otomatis, semua yang tinggal di komplek kini harus jalani swab PCR untuk memastikan kondisi kesehatan mereka aman, tidak tertular.

Termasuk sebagian murid Al Falah yang sempat masuk sekolah fase uji coba belajar secara tatap muka dalam kelas.
Alm Mohammad Ridwan (50) (Istimewa)



Berita duka kedua dari Harry Kaligis (55). Almarhum seorang pengusaha, Ketua Umum Kappija21 ---Keluarga Alumni Program Persahabatan Indonesia -Jepang Abad 21.

Baca juga: Catatan Ilham Bintang - Kemewahan Perjalanan Bandung - Jakarta di Masa Genting Pandemi
Baca juga: Catatan Ilham Bintang - Perjalanan Jakarta-Bandung di Masa Genting Pandemi



Menggerakkan potensi alumni

Harry Kaligis terpilih sebagai Ketum Kappija dalam Munas Kappija yang dibuka oleh Ketua MPR-RI Bambang Soesatyo dan dihadiri oleh Tjahjo Kumolo Menteri PAN-RB, 14 Desember 2019

Menjelang kongres, saya beberapa kali bertemu dengan Harry. Ia bersama sejumlah alumni Jepang menemui saya di kantor Tabloid C&R, di kawasan Meruya, Jakarta Barat. Harry menceritakan problem Kappija21 mutakhir yang amat memperihatinkan.

Jumlah alumni program kunjungan belajar di negeri Sakura atas biaya pemerintah Jepang itu lebih 4000 orang di Indonesia. Bersebaran di seluruh provinsi. Jumlah itu akan makin terus bertambah mengingat program yang digagas Nakasone waktu menjabat PM Jepang masih berlangsung sampai sekarang.

"Sepuluh tahun terakhir hampir tak ada aktifitas Kappija21 yang menggerakkan alumni untuk berkontribusi pada pembangunan bangsa," kata Harry.

Padahal, sambung Harry, para alumni itu aset bangsa, rata-rata berprestasi di bidangnya. Sebab itu salah satu syarat mereka mendapat undangan belajar ke Jepang dengan seleksi yang dilakukan Kemenpora dan Sekretariat Negara. Seperti misalnya Tjahjo Kumolo ( Angkatan I /1984), Airlangga Hartarto ( 1985), diplomat mantan Dubes RI Hongaria, Wening Esthyprobo ( 1985), Ruhut Sitompol, dan anggota DPR -RI Darul Sisca ( 1984), untuk menyebut beberapa nama. Saya sendiri tercatat sebagai alumni 1985, seangkatan Gaga, panggilan akrab Menko Perekonomian Airlangga Hartarto.

Baca juga: Catatan Ilham Bintang - Kuliah subuh Ustaz Das'ad Latif di "Tenda Arafah" Masjid At Tabayyun
Baca juga: Catatan ringan Ilham Bintang - Silaturahmi Lebaran Astra -Wartawan
Baca juga: Catatan Ilham Bintang - Mantan Pimred Suara Pembaharuan Setiadi Tryman tutup usia
Baca juga: Teguh Esha, novelis "Ali Topan Anak Jalanan" wafat terpapar COVID-19

Alm Harry Kaligis (55) (Istimewa)



Pertemuan berikutnya, Harry mengundang alumni dalam jumlah yang lebih banyak. Dia buat presentasi dalam pertrmuan. Sampai tiga kali. Saya akhirnya mendukung penyelenggaran Kongres Kappija21 dan menyokong Harry untuk memimpin Kappija21.

Program Harry bagus. Itu yang membuat tidak sulit untuk memasarkan dia mendapat dukungan anggota terutama dari daerah. Maka itu saya membantu mengontak Pak Airlangga, Pak Tjahjo Kumolo, dan Mas Bambang Soesatyo untuk mendukungnya
Terbukti dalam Munas Kappija21 Harry terpilih secara aklamasi.

Setahun terakhir beberapa programnya memang terbentur kareba dihadang pandemi Covid19.

Harry Kaligis meninggal dunia Senin ( 21/1) pagi. Ayah dua anak itu meninggal di RSUD Banten, tiga hari setelah dirawat di sana.
Banten?"Iya, Bang. Semua RS penuh di Jakarta, makanya tiga hari lau kami larikan ke RSUD Banten, " kata Ade, istri almarhum.

Harry memang punya komorbid. Dia menderita kanker getah bening. Seminggu sebelumnya ia menjalani kemo kedua. Dua hari setelah itu badannya panas diiringi batuk keras. Hasil Tes Swab PCR nya positif. Bukan hanya Harry, tetapi juga istri dan kedua putranya juga positif.

"Tetapi kondisi Mas Harry sampai kemarin pagi masih baik. Kami sempat video call, dan banyak bercanda. tampak ," cerita Ade.

Sore Ade mendapat info dari RS kondisi Harry mulai drop. Malam kritis. Dan, tadi pagi dapat pemberitahuan telah meninggal dunia.

"Kami terkejut, cepat sekali perginya, " kata Ade dalam percakapan telpon dalam perjalanan untuk mengurus pemakaman almarhum yang dijadwalkan RS pukul 11.00 WIB.

Baca juga: Kisah mereka yang terpapar COVID-19 setelah divaksin
Baca juga: Juru Bicara Satgas COVID-19 terpapar corona
Baca juga: WHO sebut secara global varianCOVID Delta jadi dominan
Baca juga: Bandung Siaga SatuCOVID-19, tempat hiburan tutup
Baca juga: Terpukul pandemi, Garuda Indonesia tawarkan pensiun dini



Serupa proses kematian yang dialami Mohammad Ridwan. Ini saya tahu persis karena kebetulan saya intens mencarikan almarhum RS buat almarhum. Ridwan mendapatkan hasil Swab PCR positif 18 Juni.

Minggu (20/6), atas permintaan keluarganya, saya mencoba cari RS. Karena tak berhasil saya kontak Pak Anies. Pak Gubernur cepat merespons. Beliau carikan RS, tapi kenyataanya bukan hanya seluruh RS penuh, tetapi juga antrian ambulans sudah mengular di pelataran semua RS yang membawa pasien.

Pak Anies akhirnya berinisiatif mengirim dokter ke rumah pasien. Sekalian membawa oksigen. Karena sudah sangat parah semalam keluarganya membawa Ridwan ke RS. Kebetulan dapat tempat di ICU. Subuh tadi, Ridwan wafat. Meninggalkan seorang isteri, Tjutju Herawati, dan empat anak. Memang sudah pasti itu karena ketentuan Allah SWT.
Baik Ridwan maupun Harry merupakan orang baik. Berdedikasi tinggi di bidang masing-masing, serta relasi sosial yang amanah.

Semoga Allah SWT memberikan tempat lapang, nyaman, dan indah di sisiNya.

Secara khusus saya juga ingin sampaikan ucapan terima kasih Pak Gubernur DKI Anies Baswedan. Di tengah situasi genting Jakarta dia tetap menunjukkan perhatian pada tiap-tiap warganya.


*H. Ilham Bintang,
- wartawan senior dan pengusaha Indonesia juga dikenal sebagai "raja infotainment" serta "pelopor jurnalistik infotainment" di Indonesia.
- Ketua Dewan Kehormatan PWI Pusat.
- Pendiri Cek & Ricek)