Polres Tarakan Siapkan Enam Pos Pada Operasi Lilin Kayan 2021

id Operasi

Polres Tarakan Siapkan Enam Pos Pada Operasi Lilin Kayan 2021

Kapolres Tarakan, AKBP Fillol Praja Arthadira. ANTARA/Susylo Asmalyah.

Tarakan (ANTARA) - Polres Tarakan, Kalimantan Utara mendirikan empat pos pelayanan dan enam pos pengamanan pada operasi Lilin Kayan 2021 dengan mengerahkan 160 personel pengamanan gabungan.

"Kita membuat enam pos, dimana empat pos pelayanan dan dua pos pengamanan yang berisikan personel Polres Tarakan bersama instansi terkait," kata Kapolres Tarakan, AKBP Fillol Praja Arthadira usai gelar pasukan operasi Lilin Kayan 2021 di Mapolres Tarakan, Kamis dengan Inspektur Upacara, Wali Kita Tarakan, Khairul.

Untuk pos pelayanan didirikan di pelabuhan Malundung, bandara Juata, pelabuhan ferry dan pelabuhan SDF. Kemudian untuk pos pengamanan di bandara dan pusat perbelanjaan Gusher.

Dia mengatakan pada operasi Lilin Kayan 2021 merupakan pengamanan untuk Natal dan Tahun Baru, dimana atensi dari pusat lebih ditekankan pada kondusifitas di Tarakan.

Sedangkan terkait pandemi COVID-19, pihaknya wajib mengingatkan masyarakat untuk melaksanakan protokol kesehatan (prokes).

"Sedangkan untuk prediksi keramaian, sama seperti tahun lalu kenaikan, kemungkinan kenaikannya 10 persen dan tidak terlalu signifikan. Kita juga bisa melaksanakan pengamanan dengan baik," kata Fillol.

Sementara itu, Wali Kota TarakanKhairulmengatakan bahwa operasi Lilin rutin tiap tahun dilaksanakan sebagai antisipasi gangguan keamanan Natal dan Tahun Baru

"Kalau Tahun Baru dan perayaan hari besar lainnya pergerakan orang akan lebih banyak, pergerakan ke luar daerah, tempat wisata antar daerah dengan mobilitas tinggi," kata Khairul.

Dijelaskannya bahwa hal ini tentu akan menimbulkan gangguan keamanan lalu lintas, kecelakaan, belum lagi di lokasi wisata yang berkerumun tentu bisa trjadi gangguan yang tidak disengaja.

"Tentu masih ada potensi terjadinya ledakan kasus bisa terjadi cluster baru. Meminta warga yang berkumpul berkerumunan, untuk menerapkan pembatasan pakai masker," katanya.

Namun diimbau sebisa mungkin menghindari kerumunan dan vaksinasi dilengkapi sebanyak dua kali.
Baca juga: Dua Flight Pesawat Super Tucano Akan Operasi Udara Garda Paus 21
Baca juga: Operasi Zebra Kayan Polda Kaltara dimulai hari ini hingga 28 November 2021


Kapolres Tarakan, AKBP Fillol Praja Arthadira. ANTARA/Susylo Asmalyah.