Gubernur Kaltara Ingatkan Masyarakat Untuk Produktif Manfaatkan TORA

id Pemprov

Gubernur Kaltara Ingatkan Masyarakat Untuk Produktif Manfaatkan TORA

Gubernur Kalimantan Utara Zainal Arifin Paliwang. ANTARA/HO - Dinas KISP Provinsi Kaltara.

Tarakan (ANTARA) - Gubernur Kalimantan Utara Zainal Arifin Paliwang mengingatkan masyarakat yang telah mendapatkan Surat Keputusan (SK) pengelolaan Hutan Sosial dan Tanah Obyek Reforma Agraria (TORA) untuk memanfaatkannya secara produktif.

“Sesuai arahan Bapak Presiden yang perlu kita garis bawahi adalah bahwa lahan yang sudah diserahkan jangan sampai tidak dikelola dan akan dicabut kembali manakala tidak terkelola," kata Zainal di Tanjung Selor, Bulungan, Jumat.

Dia mengatakan bahwa 50 persen yang ditanam di TORA adalah tanaman keras yaitu pohon berbatang kokoh seperti kayu Lembasung, meranti dan sebagainya dan 50 persen lagi tanam - tanaman yang sifatnya bisa dipanen jangka pendek.

Jumlah lahan yang diserahkan oleh Presiden Joko Widodo cukup banyak untuk wilayah Kaltara berkisar 126.000 hektare lahan yang berpotensi produktif untuk berbagai bidang baik, pertanian maupun perikanan.

“Nanti saya akan mengupayakan bila sudah ada investor yang masuk untuk menanam serai wangi dan saya yakin bahwa kegiatan menanam ini salah satu upaya saya untuk mensejahterakan petani kita yang ada di Kaltara," kata Zainal.

Menurutnya hal ini tentu akan membantu perekonomian masyarakat di Kaltara, karena serai wangi merupakan tanaman rerumputan tidak perlu dicabut karena yang diambil hanya daunnya saja.

Gubernur juga mengungkapkan akan membangun pabrik pengelola dari produk pertanian/perkebunan yang dihasilkan Kaltara sehingga masyarakat tidak perlu ragu ketika masa panen tiba untuk segera dipasarkan.

“Lahan yang sudah diberikan pemerintah jangan disia-siakan,” kata Zainal.

Sebelumnya, Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo memberikan pengarahan pada kegiatan penyerahan Surat Keputusan (SK), Hutan Sosial (Hutsos), Hutan Adat dan Tanah Obyek Reforma Agraria (TORA) yang dilaksanakan secara virtual.

Kepada seluruh penerima SK, Presiden Jokowi berharap agar masyarakat segera memanfaatkan lahan yang ada agar lebih produktif dan bermanfaat.
Baca juga: Serapan Realisasi APBN Untuk Kaltara Mencapai 97,03 Persen