Kepala BNPT lantik 34 pengurus se-Indonesia, termasuk Kaltara

id Bnpt,FKPT

Kepala BNPT lantik 34 pengurus se-Indonesia, termasuk Kaltara

FKPT Kaltara bersama Direktur Pencegahan BNPT Brigjen Ahmad Nurwakhid

Batu, Malang (ANTARA) - Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) RI Komjen Pol. Dr. Boy Rafli Amar, M.H., secara resmi membuka Rakernas IX Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme (FKPT) di Hotel Singhasari and Resort Kota Batu, Senin malam (14/2/2022).


Dilaporkan di Malang, Senin malam selain membuka resmi Rakernas, Boy Rafli Amar melantik 34 pengurus Provinsi FKPT, termasuk Kalimantan Utara masa bhakti 2022-2025.

Khusus Kalimantan Utara, pengurus FKPT yang dilantik, yakni Ketua Datu Iskandar Zulkarnaen, Sekretaris Ranoesty Liling, Bendara Dani Suluh Permadi serta Ketua Bidang Agama, Sosial Ekonomi dan Budaya H. Saimin.

Selain itu, Ketua Bidang Media Massa, Hukum dan Hubungan Setiadi, Ketua Bidang Pendidikan dan Pemuda Eunike Suppa, Ketua Bidang Perempuan dan Anak Dr Nurasikin, serta Ketua Bidang Pengkajian dan Penelitian Dr Syahran.

Pelantikan FKPT kali ini juga disebut Boy istimewa karena diresmikan dan dilantik lengkap 34 provinsi dengan terbentuk FKPT Papua dan Papua Barat.

Dalam sambutannya, Ketua BNPT Boy Rafli menyoroti terbentuknya dua FKPT di Papua dan Papua Barat.

Ia menilai terbentuk FKPT di sana bernilai strategis dalam upaya menjaga nilai nilai kemanusiaan, nilai agama dan nilai luhur budaya bangsa Indonesia.

"Makatidak ada tempat bagi teroris untuk melakukan kekerasan ekstrim terhadap sesama warga negara maupun terhadap negara,” katanya.

Karena itu, FKPT merupakan mitra BNPT memiliki peran penting untuk melakukan pencegahan. Apalagi FKPT diisi berbagai latar belakang di antaranya akademisi, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, tokoh perempuan dan dari unsur media massa.

“Semoga kita bisa bersinergi mencegah dan menghadapi virus yang yang tidak kalah berbahaya dari COVID-19, yakni virus radikalisme dan terorisme. Terus berjuang untuk tegak lurus dengan konstitusi negara,” tambahnya.

Terpisah,Wakil Gubernur Emil Dardak menyampaikan apresiasi atas kinerja BNPT dalam
mencegah tumbuh dan berkembangnya radikalisme, ekstrimisme, dan terorisme.

“Kami merasa terhormat kota wisata batu dipilih untuk diselenggaranya kegiatan ini," katanya.

Ia berharap acara itu bisa menghasilkan rekomendasi yang kongkrit untuk pencegahan dan penanggulangan terorisme.

Khusus giat Rakernas berlangsung dari 13-16 Februari 2022. Diikuti 275 orang Pengurus FKPT Provinsi se-Indonesia. Acara dihadiri juga Wakil Gubernur Jawa Timur Dr. H. Emil Elestianto Dardak, B.Bus., M.Sc. atau Emil Dardak.

Baca juga: BNPT: Agama tak terkait radikalisme dan terorisme
Baca juga: FKPT Kaltara: BNPT dibutuhkan karena ancaman terorisme nyata
Baca juga: Telaah - Muhammad Kece, di antara peran media tangkal hoaks dan intoleransi