Pangdam VI/Mulawarman prioritaskan pengamanan di perbatasan

id TNI

Pangdam VI/Mulawarman prioritaskan pengamanan di perbatasan

Panglima Kodam VI/ Mulawarman Mayjen TNI Tri Budi Utomo saat berkunjung di Kodim 0907/ Tarakan. ANTARA/HO - Pendim 0907/Tarakan.

Tarakan (ANTARA) - Panglima Kodam VI/ Mulawarman Mayjen TNI Tri Budi Utomo memprioritaskan pengamanan di perbatasan Kalimantan Utara.

“Saya prioritaskan (kunjungan perdana di Kaltara), karena di Korem 092 Maharajalila ini ada daerah perbatasan. Tentunya banyak sekali kerawanan yang akan timbul,” kata Tri Budi saat berkunjung ke Kodim 0907/Tarakan, Rabu.

Dalam kunjungannya ini, pihaknya juga meminta laporan dari jajarannya di Kaltara terkait kerawanan yang akan timbul, sehingga bisa menjadi prioritas dalam program kerjanya setelah menjabat.

Selain itu, Kaltara juga nantinya akan menjadi penyangga Ibu Kota Negara (IKN) yang saat ini sudah berproses di Kalimantan Timur.

Sebagai penyangga ibukota negara ini, kata dia merupakan salah satu prioritasuntuk meyakinkan daerah perbatasan aman. “Kalau perbatasan aman, berarti di ibukota negara juga aman,” kata Pangdam.

Ada beberapa kerawanan yang menjadi perhatiannya. Salah satunya terkait narkoba dan ancaman di perbatasan.

Dia juga menyinggung soal keberhasilan anggotanya mengungkap pelaku peredaran narkotika belum lama ini di perbatasan.

“Narkotika dan barang kebutuhan rumah tangga, daging ilegal yang pernah kami amankan dari peredaran yang ada di perbatasan,” kata Tri Budi.

Namun, dalam kunjungannya ini pihaknya masih menjadwalkan ke Kodim - Kodim yang ada dibawahnya. Pihaknya akan menjadwalkan kembali kunjungan selanjutnya ke wilayah pengawasan Kodam VI/ Mulawarman yang berbatasan langsung dengan negara tetangga.

Sementara itu Komandan Kodim 0907/Tarakan Letkol Inf Reza Fajar Lesmana
mengatakan, sebagai Pangdam yang baru menjabat, Mayjen TNI Tri Budi Utomo akan melakukan kunjungan ke seluruh jajaran Kodam VI/Mulawarman, yang dimulai dari Kaltara.

“Beliau baru berapa minggu menjabat Pangdam VI/Mulawarman dan akan mengunjungi seluruh Jajaran Kodam yang dimulai dari paling ujung Kaltara dulu, seperti saat ini ke Kodim 0907/Tarakan, selanjutnya Kodim 0911/Nunukan, Korem 092/Maharajalila, Kodim 0903/Tanjung Selor, Brigif 24/Bc,” katanya.

Dijelaskanya, tujuan kunjungan Pangdam VI/Mulawarman, ingin bersilahturahmi dengan Satuan - Satuan Jajaran Kodam VI/Mulawarman di Kaltara, karena Pangdam VI/Mulawarman ingin melihat secara langsung kondisi prajurit - prajurit di Kaltara.
Baca juga: Polisi tangkap semua pelaku penembakan istri TNI di Semarang