Jembatan Dermaga Tidung di Pulau Bunyu runtuh

id Jembatan#Bunyu

Jembatan Dermaga Tidung di Pulau Bunyu runtuh

Beberapa warga terjatuh ke laut saat Jembatan Dermaga Tidung di Pulau Bunyu, Bulungan lantai jembatannya runtuh pada hari Sabtu (28/1) sekitar pukul 14.45 WITA. ANTARA/HO-Polsek Pulau Bunyu, Bulungan, Kalimantan Utara.

Tarakan (ANTARA) - Jembatan Dermaga Tidung di Pulau Bunyu, Bulungan lantai jembatannya runtuh pada hari Sabtu (28/1) sekitar pukul 14.45 WITA.

"Telah terjadi runtuhnya lantai jembatan Dermaga Tidung Bunyu yang berada di jalan Dermaga RT 03 Desa Bunyu Barat. Pada saat terjadinya kejadian tersebut kondisi di sekitar tempat kejadian sedang ramai penumpang yang akan melakukan perjalanan menuju ke Tarakan," kata Kapolsek Pulau Bunyu, Bulungan, Kalimantan Utara Iptu Luzman Aziz A saat dihubungi dari Tarakan, Sabtu malam.

Saat kejadian runtuhnya lantai jembatan Dermaga Tidung Bunyu warga yang berada disekitar tempat kejadian langsung berusaha melakukan evakuasi terhadap beberapa orang yang terjatuh ke laut akibat dari runtuhnya lantai jembatan tersebut.

"Korban yang terjatuh ke laut setelah berhasil dievakuasi oleh warga sekitar langsung dibawa pulang menuju ke rumah masing-masing, serta tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut," kata Luzman.

Kapolsek mengungkapkan belum diketahui penyebab dari runtuhnya lantai jembatan Dermaga Tidung Bunyu yang berada di Desa Bunyu Barat.

Pelabuhan Dermaga Tidung Bunyu tersebut merupakan pelabuhan milik PT. Pertamina Medco RU V yang saat ini digunakan oleh masyarakat Bunyu untuk bepergian keluar masuk Pulau Bunyu serta menjadi tempat bongkar muat barang kebutuhan masyarakat Bunyu.

"Berdasarkan informasi dari warga yang berada disekitar tempat kejadian menerangkan jika besi besi penyangga yang berada dibawah lantai pelabuhan telah banyak yang rusak atau keropos akibat terkena air laut," katanya.

Serta belum adanya perbaikan yang dilakukan oleh pihak perusahaan PT. Pertamina Medco RU V selaku pemilik pelabuhan tersebut.

Saat ini, sudah melakukan koordinasi dengan unsur Muspika Bunyu serta pihak perusahaan PT. Pertamina Medco RU V selaku pemilik asset Pelabuhan Dermaga Tidung Bunyu.

Terkait kejadian tersebut agar segera dilakukannya perbaikan terhadap Dermaga Tidung Bunyu agar kejadian serupa tidak terulang kembali.

"Situasi sampai saat ini dalam keadaan relatif aman dan terkendali. Sudah diberi garis polisi," kata Luzman.
Baca juga: Seorang pria terjatuh dari jembatan sungai Tabur Lestari