40 tim sepak bola semarakkan HUT Ke-78 RI di perbatasan

id sepak bola,perbatasan, HUT Ke-78 RI,Nunukan,Olahraga

40 tim sepak bola  semarakkan HUT Ke-78 RI di perbatasan

ILUSTRASI - Jajaran Pemkab Nunukan, perwakilan peserta dan wasit mengabadikan momen usai pembukaan turnamen Sepak Bola dalam rangka memeriahkan HUT Ke-78 RI di di Kecamatan Sembakung, Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara. (ANTARA/HO-Dokpim Nunukan)

Tanjung Selor (ANTARA) - Sebanyak 40 tim sepak bola mengikuti turnamen khusus dalam rangka menyambut dan menyemarakkan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-78 Republik Indonesia di wilayah perbatasan RI-Malaysia, Kecamatan Sembakung Nunukan Kaltara.

“Turnamen ini sudah dinanti-nantikan masyarakat Nunukan sebagai penjaga kedaulatan NKRI di tapal batas Negara,” kata Kepala Dinas Budpora Nunukan, Abdul Halid di Nunukan, Minggu.

Turnamen sepak bola ini telah resmi dibuka pada Jumat (4/8/2023) di lapangan sepak bola Sembakung.Pertandingan perdana dimulai Sabtu (5/8/2023). Laga final akan digelar pada 31 Agustus 2023.

Sebanyak 40 tim yang akan berlaga berasal dari berbagai kecamatan wilayah III Nunukan yaitu Kecamatan Sei Menggaris, Kecamatan Tulin Onsoi, Kecamatan Sebuku, Kecamatan Sembakung Atulai, Kecamatan Lumbis, Kecamatan Lumbis Ogong, Kecamatan Lumbis Pensiangan, dan Kecamatan Lumbis Hulu.

Menurut Abdul Halid, turnamen ini juga sebagai wadah penyaluran hobi dan bakat masyarakat bermain bola. Sekaligus dapat menjadi ajang pencarian bibit pemain bola yang berkualitas untuk Nunukan.

Abdul Halid meminta anak-anak muda, para pemain sepak bola di wilayah Sembakung dan sekitarnya tidak minder jika harus bersaing dengan para pemain dari daerah-daerah lain yang sarana dan prasarananya sudah lebih baik.

"Banyak pemain yang berasal dari daerah-daerah terpencil di negara Afrika dan Amerika Latin, namun karena ketekunan dan semangatnya yang tinggi, mereka akhirnya berhasil menjadi pemain-pemain bintang,” kata Abdul.

Mengutip Pedoman Identitas Visual 78 Tahun Kemerdekaan Indonesia, Pemerintah menetapkan tema besar HUT Ke-78 RI yakni "Terus Melaju Untuk Indonesia Maju".

Tema tersebut diambil berdasarkan pencapaian yang telah diraih dan menjadikan posisi Indonesia menguntungkan dalam melanjutkan gerak pembangunan Negara.

Dirgahayu Ke-78 Republik Indonesia tahun ini mengajak seluruh elemen bangsa maju bersama dan menggelorakan semangat perjuangan yang belum berakhir.

Selayaknya olahraga estafet, yang merefleksikan semangat kolektif, berharmoni, berkolaborasi serta sinkronisasi irama gerak dan sinergi pikiran dari tiap-tiap pelari untuk satu tujuan.