BNPT-FKPT Kalimantan Utara gelar "Karakter ID"

id Bnpt ,fkpt

BNPT-FKPT Kalimantan Utara gelar "Karakter ID"

BNPT - FKPT Kalimantan Utara gelar "Karakter ID" (Fava/BNPT)

Tarakan (ANTARA) - Direktur Pencegahan BNPT yang diwakili Kasi Pemulihan Korban, Nilam Ayuningtyas mengatakan bahwa BNPT membuat podcast tentang kearifan lokal yang menyatukan dengan tema kegiatan Karakter ID “Kampus Rakyat Terpilih Indonesia” merupakan salah satu upaya pemerintah khususnya BNPT dalam meningkatkan peran serta pemuda dalam menyebarkan pesan-pesan perdamaian guna mencegah dan menanggulangi radikalisme, ekstremisme dan terorisme.

“Tujuan Kampus Rakyat Terpilih ini adalah menyebarkan nilai-nilai kebangsaan dan mencegah paham radikalisme terorisme yang bertentangan dengan ideologi bangsa. Melalui kegiatan itu diharapkan seluruh generasi muda bisa meningkatkan kewaspadaan dan membentengi diri dari pengaruh ajakan kelompok radikal terorisme,” ungkap Nilam di kegiatan Karakter Id di Tarakan, Kalimantan Utara, Rabu (30/8).

Nilam menambahkan, Saat ini di Indonesia, kelompok pemuda menduduki hamper seperempat dari total penduduk yaitu sekitar 23,90 % atau sekitar 64,92 juta jiwa (BPS, 2021) yang di dominasi oleh pemuda dengan usia 19-24 Tahun. Tak heran bila pemuda menjadi salah satu kelompok yang rentan menjadi sasaran penyebaran paham radikalisme, ekstremisme dan terorisme.

“Maka dari itu, sebagai generasi penerus bangsa, pemuda sebagai subjek aktif yang harus memiliki kesadaran yang tinggi terhadap bahaya ekstremisme dan terorisme, serta mampu mengambil peran aktif dalam menjaga perdamaian dan keamanan,”tambah Alfrida.


Baca juga: 110 pelajar SD Tarakan ikut pencegahan radikalisme
Baca juga: Telaah - Radikalisme, moderasi beragama dan Pemilu damai
Baca juga: Sebarkan moderasi beragama, 50 guru Kaltara gelar deklarasi dama


Di tempat yang sama Ketua FKPT Kalimantan Utara, Datuk Iskandar di depan perwakilan pelajar dan mahasiswa di Tarakan, mengatakan saat ini penyebaran paham radikal terorisme terus digencarkan melalui media sosial oleh kelompok radikal terorisme, hal ini wajib diwaspadai bersama, pemuda dan pelajar merupakan target utama penyebaran paham dan perekrutan menyikapi hal ini menurutnya, pemuda dan media sosial merupan point strategis dalam transformasi paham dan perekturan anggota.


“Kelompok ini selalu mengicar kelengahan kita dalam bermain atau berselancar di dunia maya, dan setidaknya kita wajib membentengi kaum muda dan media sosialnya.”ungkapnya.
Datuk menambahkan bahwa dengan kegiatan ini berharap anak muda mampu menjaga persatuan dan kesatuan bangsa lewat kegiatan podcast yang diisiasi BNPT dan FKPT Kalimantan Utara.

“Kami berharap, melalui acara ini, mampu memberikan pemahaman kepada masyarakat khususnya generasi muda mengenai betapa pentingnya menjaga persatuan dan kesatuan bangsa,” Tutup Datuk.

Dalam Kegiatan Karakter Id di FKPT Kalimantan Utara diikuti 20 peserta terpilih, dan akhirnya pemenang kegiatan podcast ini akan maju ke babak tingkat nasional mewakili FKPT Kalimantan Utara.

Baca juga: BNPT: Pemuda dan pelajar jadi target penyebaran radikalisme
Baca juga: BNPT gelar lomba menulis surat untuk Presiden sebagai napak tilas RA Kartini
Baca juga: FKPT Kalbar kembali gelar "Asik Bang"
BNPT-FKPT Kalimantan Utara gelar "Karakter ID" (Fava/BNPT)