Polda Kaltara intensifkan pengamanan objek vital nasional

id SKK migas

Polda Kaltara intensifkan pengamanan objek vital nasional

SKK Migas perwakilan wilayah Kalimantan dan Sulawesi (SKK Migas Kalsul) bersama JOB Pertamina-Medco E&P Simenggaris (JOB Simenggaris) bekerjasama dengan Ditpamobvit Polda Kalimantan Utara melakukan sosialisasi pengamanan objek vital nasional (Obvitnas) di Kantor Kecamatan Tana Lia, Kabupaten Tana Tidung. ANTARA/HO-JOB Pertamina-Medco E&P Simenggaris.

Tarakan (ANTARA) - Polda Kalimantan Utara mengintensifkan pengamanan objek vital nasional (Obvitnas) dengan melakukan sosialisasi pengamanan itu di Kantor Kecamatan Tana Lia, Kabupaten Tana Tidung, pekan ini.

Dalam rilis dari Polda Kaltara, Sabtu disebutkan
kepolisian melibatkan SKK Migas perwakilan wilayah Kalimantan dan Sulawesi (SKK Migas Kalsul) bersama JOB Pertamina-Medco E&P Simenggaris (JOB Simenggaris) dalam kegiatan itu.

Dalam rilis disebutkan Komisaris Polisi Subarjo mewakili Dirpamobvit Polda Kaltara disebutkan
kegiatan itu merupakan upaya sinergi antara seluruh unsur pemerintah yang melibatkan SKK Migas, JOB Simenggaris, Polda Kaltara, TNI dan pemerintah daerah dalam rangka mensosialisasikan dan memberi pemahaman kepada masyarakat di Tana Lia.

"Obvitnas merupakan kawasan, bangunan, perusahaan atau usaha yang menyangkut hajat hidup orang banyak, yang merupakan kepentingan negara dan sumber pendapatan yang strategis bagi negara," kata iSubarjo.

JOB Simenggaris yang merupakan Kontraktor Kontrak Kerjasama (KKKS) Hulu Migas merupakan salah satu Objek Vital Nasional yang harus dijaga bersama.

"JOB Simenggaris beroperasi di Tana Lia ini atas nama negara untuk menambah devisa negara, nanti manfaatnya juga ke masyarakat sekitar wilayah operasi perusahaan. Jadi, mari kita jaga bersama supaya operasional JOB Simenggaris tetap aman dan lancar," kata Subarjo.

Hal ini merupakan upaya sinergi antara seluruh unsur pemerintah yang melibatkan SKK Migas, JOB Simenggaris, Polda Kaltara, TNI dan pemerintah daerah dalam rangka mensosialisasikan dan memberi pemahaman kepada masyarakat di Tana Lia terkait pentingnya menjaga keamanan terhadap obvitnas.

Kegiatan sosialisasi tersebut dihadiri oleh lebih dari 60 orang yang terdiri dari Camat Tana Lia, Kepala Desa se-kecamatan Tana Lia, Kapolsek, Danramil, tokoh adat, tokoh pemuda, tokoh masyarakat, Karang Taruna dan para pemangku adat.

Handel Martua, selaku perwakilan dari SKK Migas wilayah Kalimantan dan Sulawesi menyampaikan bahwa kegiatan operasi hulu migas sangat membutuhkan peran serta seluruh para pemangku kepentingan untuk menjaga dan mendukung kegiatan operasional JOB Simenggaris di Tana Lia.

"Alhamdulillah, setelah penantian yang sangat panjang, saat ini JOB Simenggaris sedang memantapkan proyek strategis di Tana Lia, kami mohon dukungan dari seluruh pemangku kepentingan untuk mendoakan agar proyek ini berjalan lancar dengan semestinya," kata Handel.

Sementara itu, Cahyo Nugroho selaku Field Manager JOB Simenggaris juga menyampaikan rasa terima kasihnya kepada seluruh pemangku kepentingan dan masyarakat atas dukungan dan doa yang diberikan kepada JOB Simenggaris.

"Kami atas nama manajemen JOB Simenggaris menyampaikan rasa terima kasih yang sebesar-besarnya atas dukungan bapak dan ibu selama ini sehingga operasional kami sampai saat ini berjalan dengan lancar dan tanpa hambatan," katanya.

Lebih lanjut Cahyo Nugroho menuturkan, kegiatan pertemuan dan sosialisasi seperti ini sangat baik dan akan terus dilaksanakan JOB Simenggaris dengan menggandeng pemangku kepentingan agar informasi yang benar dapat sampai ke pemangku kepentingan dan masyarakat.