Telkomsel Hadirkan Layanan Ramah Disabilitas Bagi Teman Tuli di Tarakan

id Telkomsel

Telkomsel Hadirkan Layanan Ramah Disabilitas Bagi Teman Tuli di Tarakan

Istimewa.

Tarakan (ANTARA) - Telkomsel hadirkan layanan pelanggan khusus teman tuli di GraPARI Tarakan, Kalimantan Utara dan 18 titik GraPARI lainnya yang tersebar di seluruh Indonesia.

"Inisiatif tersebut merupakan komitmen berkelanjutan Telkomsel dalam melayani semua lapisan masyarakat dengan menyediakan lebih banyak titik layanan pelanggan yang inklusif dan ramah bagi penyandang disabilitas di Tanah Air," kata Direktur Sales Telkomsel, Adiwinahyu Basuki Sigit dalam keterangan tertulis diterima di Tarakan, Senin.

Berkolaborasi dengan Silang.id, Telkomsel memberikan Pembelajaran Bahasa Isyarat Indonesia (Bisindo) kepada para petugas layanan untuk memiliki keahlian dalam menggunakan bahasa isyarat yang dapat memudahkan komunikasi teman tuli berinteraksi dengan staf GraPARI.

Dalam inisiatif menghadirkan layanan pelanggan GraPARI yang ramah bagi masyarakat tuli, Telkomsel berkolaborasi dengan Silang.id sebuah perusahaan teknologi yang bergerak di bidang inovasi digital.

Untuk membangun ekosistem inklusif bagi teman tuli, dengan memberikan Pembelajaran Bahasa Isyarat Indonesia (Bisindo) kepada para petugas layanan Telkomsel yang dididik secara eksklusif oleh edukator ahli dengan kurikulum yang luas.

Bukan hanya mengajari materi bahasa isyarat, tetapi juga budaya tuli, ekspresi, gestur, hingga filosofi dari gerakan bahasa isyarat.

Melalui pelatihan tersebut, para petugas layanan Telkomsel memiliki keahlian dalam menggunakan bahasa isyarat yang dapat memudahkan komunikasi Teman Tuli untuk berinteraksi dengan petugas layanan GraPARI.

"Untuk dapat memberikan bantuan dan solusi kepada pelanggan Teman Tuli yang membutuhkan solusi atau pertanyaan terkait produk dan layanan Telkomsel," katanya.

Selain para petugas layanan GraPARI Telkomsel yang sudah dibekali dan memiliki keahlian dalam menggunakan bahasa isyarat, layanan pelanggan GraPARI juga akan dilengkapi dengan fasilitas infrastruktur khusus untuk teman tuli yang menyediakan informasi tertulis yang lebih jelas dan mudah diakses.

Pelanggan teman tuli dapat dengan leluasa mengunjungi GraPARI untuk melakukan beragam kebutuhan akan layanan Telkomsel, seperti pembeliansim cardprabayar, ganti kartu hilang atau rusak, upgradekartu uSIM 4G/LTE, pendaftaran baru pelanggan Telkomsel Halo (pascabayar), maupun kebutuhan produk dan layanan lainnya.

"Kami berharap kehadiran inisiatif ini mampu meningkatkan kenyamanan pelanggan, khususnya pelanggan teman tuli dalam berkomunikasi, sehingga mendapatkan pengalaman layanan unggulan dari Telkomsel yang dapat semakin mendorong semangat kebersamaan untuk beraktivitas keseharian," kata Sigit.

Selain itu, melalui inisiatif ini juga Telkomsel berharap dapat memberikan insipirasi dalam meningkatkan inklusifitas di industri telekomunikasi di Indonesia.

Serta upaya yang dilakukan merupakan salah satu bukti nyata komitmen customer centric Telkomsel yang selalu berusaha untuk terus mendengarkan umpan balik dari pelanggan guna dapat meningkatkan layanannya agar dapat lebih baik dalam melayani semua kebutuhan pelanggan,” katanya.
Baca juga: Telkomsel salurkan bantuan untuk sekolah di perbatasan Kaltara - Malaysia
Baca juga: Telkom Resmi Integrasikan IndiHome ke Telkomsel