Polres Malinau Memastikan Kelancaran Selama Proses Pemilu 2024

id Polres

Polres Malinau Memastikan Kelancaran Selama Proses Pemilu 2024

Polres Malinau, Kalimantan Utara telah melakukan persiapan secara matang dalam rangka menjaga stabilitas keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) dan memastikan kelancaran selama proses Pemilihan Umum (Pemilu) serentak tahun 2024. ANTARA/HO-Humas Polres Malinau.

Tarakan (ANTARA) - Polres Malinau, Kalimantan Utara telah melakukan persiapan secara matang dalam rangka menjaga stabilitas keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) dan memastikan kelancaran selama proses Pemilihan Umum (Pemilu) serentak tahun 2024.

"Kelancaran tahapan Pemilu 2024 ini tidak terlepas dari dukungan dan sinergi dari berbagai pihak terkait," kata Kapolres Malinau AKBP Heru Eko Wibowo di Malinau, Rabu.

Kesiapsiagaan ini ditunjukkan Polres Malinau dengan penyiagaan dua per tiga dari total kekuatan personel di masa berjalanya Operasi Mantap Brata (OMB) Kayan 2023-2024 yang bertujuan untuk mengantisipasi serta memastikan kelancaran setiap tahapan Pemilu 2024 di wilayah Kabupaten Malinau.

“Alhamdulillah sejauh ini tahapan Pemilu di Kabupaten Malinau berjalan dengan sukses dan lancar. Tentunya ini semua berkat kerjasama semua stakeholder, baik KPU, Bawaslu, Sentra Gakumdu, jajaran Pemerintah Daerah, TNI, dan dari Brimob juga kita dibantu, termasuk juga peran para tokoh-tokoh masyarakat yang ada di Kabupaten Malinau,” kata Heru.

Dia juga menekankan pentingnya peran serta aktif dari seluruh elemen masyarakat dalam menjaga kondusifitas wilayah sebagai upaya menjaga keamanan selama proses tahapan Pemilu.

Partisipasi aktif dari seluruh elemen masyarakat dalam menjaga kondusifitas lingkungan sangatlah penting.

"Kami mengimbau seluruh elemen masyarakat untuk turut serta dalam menjaga keamanan dan ketertiban selama proses tahapan Pemilu berlangsung," katanya.

Dengan upaya bersama dengan berbagai pihak ini diharapkan dapat menjaga jalannya proses Pemilu serentak 2024 di Kabupaten Malinau berjalan dengan aman, damai, tertib, lancar dan tanpa adanya gangguan keamanan.

Sebagai bentuk upaya tersebut dengan dilakukannya secara intensif patroli oleh jajaran Polres Malinau seperti malam ini di Poskamling, obyek vital, tempat keramaian hingga pemukiman warga di kawasan perkotaan Malinau.

Langkah ini diambil guna menciptakan lingkungan yang lebih aman dan kondusif bagi masyarakat.

Patroli malam yang digelar secara intensif oleh personel Polres Malinau dan Polsek jajaran ini bertujuan untuk mencegah berbagai tindak kriminalitas, terutama pada jam-jam malam yang rentan terjadi kejahatan yang dapat menganggu Kamtibmas.

Selain fokus pada obyek vital dan tempat keramaian, kegiatan patroli personel Polres Malinau malam ini juga mengunjungi Pos Kamling sebagai bentuk upaya meningkatkan tali silaturahmi dengan masyarakat.

Patroli dialogis juga dilakukan ke Poskamling yang bertujuan untuk memberikan motivasi dan pesan-pesan Kamtibmas kepada masyarakat serta penyuluhan tentang tugas ronda.
Baca juga: Kapolda terima surprise dari Danrem Maharajalila dan DandimBulungan dalam HUT Polda Kaltara
Baca juga: Penyambutan dan pemilihan keluarga asuh lulusan Diktuk Polri 1 - 2023 Polda Kaltara