SKK Migas Sinergi Hulu Migas Dengan Pemkab Tana Tidung

id SKK Migas

SKK Migas Sinergi Hulu Migas Dengan Pemkab Tana Tidung

Kepala Perwakilan SKK Migas Wilayah Kalsul Azhari Idris dan Pjs. General Manager JOB Simenggaris Neni Herawati saat menerima menerima audiensi Bupati Kabupaten Tana Tidung Ibrahim Ali di Jakarta, Minggu malam (27/4). ANTARA/HO-JOB Simenggaris.

Tarakan (ANTARA) - Perwakilan Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) Wilayah Kalimantan dan Sulawesi (SKK Migas Kalsul) - JOB Pertamina-Medco E&P Simenggaris (JOB Simenggaris) menerima audiensi Bupati Kabupaten Tana Tidung Ibrahim Ali.

Audiensi ini disambut positif oleh Kepala Perwakilan SKK Migas Wilayah Kalsul Azhari Idris dan Pjs. General Manager JOB Simenggaris Neni Herawati beserta masing-masing jajaran manajemen.

"Saya apresiasi atas dukungan Pemkab Tana Tidung dalam kegiatan operasi produksi hulu migas di wilayah kerja Simenggaris yang memiliki sumber daya minyak dan gas bumi yang dikelola oleh JOB Simenggaris," kata Azhari di Jakarta, Sabtu malam (27/4).

Dia menjelaskan bahwa saat ini pemanfaatan gas bumi yang berasal dari Lapangan South Sembakung oleh JOB Simenggaris disalurkan sebagian besar kepada pembeli gas PT Kayan LNG Nusantara.

"Dengan alokasi penjualan gas harian sebesar maksimal 22 juta kaki kubik (MMSCFD)," katanya.

Terkait alokasi gas untuk jaringan gas (jargas) rumah tangga, SKK Migas dan JOB Simenggaris akan mendukung program Pemerintah dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat, berdasarkan persetujuan alokasi gas domestik dari Menteri ESDM.

SKK Migas tentunya akan terus mendorong KKKS, khususnya di wilayah Kalimantan Utara, dapat terus bersinergi dengan Pemerintah Daerah.

Diharapkan agar kegiatan hulu migas dapat berjalan lancar dan mampu memberikan manfaat besar baik melalui program PPM yang dijalankan maupun pengembangan SDM di sekitar wilayah operasi.

Dengan maksud menciptakan kemandirian ekonomi masyarakat Kabupaten Tana Tidung dan Kalimantan Utara pada umumnya.

Sejalan hal tersebut Pjs. General Manager JOB Simenggaris Neni Herawati
berterima kasih atas dukungan Pemkab Tana Tidung yang telah diberikan sampai saat ini sehingga JOB Simenggaris dapat menjalankan kegiatan operasi hulu migas dengan aman dan lancar .

Serta memberikan kontribusi nyata dalam pembangunan di wilayah Kabupaten Tana Tidung.

"JOB Simenggaris berkomitmen sepenuhnya untuk terus berpartisipasi dalam upaya meningkatkan kesejahteraan serta memajukan masyarakat di sekitar wilayah kerja operasi melalui Program Pengembangan Masyarakat (PPM) yang telah dilakukan selama ini," kata Neni.

Sehubungan dengan adanya permohonan program Jaringan Gas Bumi untuk Rumah Tangga di Kecamatan Tana Lia, Kabupaten Tana Tidung, JOB Simenggaris siap untuk menyediakan kebutuhan gas bumi yang diperlukan agar program tersebut bisa terlaksana yang tentunya harus didukung dengan adanya infrastruktur yang memadai.

Sementara itu, Bupati Tana Tidung Ibrahim Ali menyampaikan apresiasi kepada SKK Migas – JOB Simenggaris dalam mendukung program-program yang direncanakan dan dijalankan untuk menopang pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat khususnya di Kecamatan Tana Lia.

Harapannya dengan adanya akses gas bumi untuk rumah tangga ini, diharapkan dapat mengurangi penggunaan LPG dan meningkatkan kualitas hidup serta mempercepat pembangunan di wilayah Kabupaten Tana Tidung.

"Kami berharap agar program jargas rumah tangga ini bisa segera direalisasikan, sehingga dapat segera dinikmati oleh masyarakat Tana Tidung," kata Ibrahim.

Program jargas rumah tangga ini merupakan bagian dari upaya nasional untuk diversifikasi energi, pengurangan subsidi dan penyediaan energi bersih.

"Diharapkan dapat memberikan dampak positif pada pertumbuhan ekonomi, kesejahteraan masyarakat, dan pelayanan infrastruktur permukiman khususnya di wilayah Kabupaten Tana Tidung," kata Ibrahim.

Hal tersebut dilakukan dalam rangka mendorong terwujudnya pembangunan yang adil dan sejahtera bagi masyarakat di Kabupaten Tana Tidung

Salah satunya dengan optimasi penyerapan gas bumi melalui program jargas rumah tangga dan pelanggan kecil di sekitar wilayah operasi, SKK Migas Kalsul beserta JOB Simenggaris.

Bupati Tana Tidung menyampaikan bahwa sehari sebelumnya usulan program jargas rumah tangga ini telah dikomunikasikan ke Kementerian ESDM dan ditembuskan ke Direktur Infrastruktur Migas.

"Hal tersebut disambut baik oleh Kementerian ESDM. Usulan ini tentunya akan ditindaklanjuti sesuai dengan prosedural yang berlaku dalam pengajuan alokasi gas untuk jargas," katanya.
Baca juga: Polda Kaltara intensifkan pengamanan objek vital nasional
Baca juga: Pemprov Kaltara Dukung Program Kerja dan Target SKK Migas Kalsul