Menhan bahas kolaborasi pertahanan dengan Dubes Chile untuk Indonesia

id Menhan

Menhan bahas kolaborasi pertahanan dengan Dubes Chile untuk Indonesia

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto (kiri) membahas kolaborasi pertahanan saat melakukan pertemuan bilateral dengan Duta Besar Chile untuk Indonesia dan ASEAN Mario Ignacio Artaza di Kantor Kemhan, Jakarta, Selasa (4/6/2024). (ANTARA/HO-Humas Kemhan)

Jakarta (ANTARA) - Menteri Pertahanan Prabowo Subianto membahas kolaborasi pertahanan saat melakukan pertemuan bilateral dengan Duta Besar Chile untuk Indonesia dan ASEAN Mario Ignacio Artaza di Kantor Kemhan, Jakarta, Selasa.

“Terima kasih Mario atas kunjungannya ke Kantor Kementerian Pertahanan,” sapa Menhan saat menyambut dan melakukan pertemuan tersebut.

Berdasarkan keterangan yang diterima di Jakarta, Selasa, kedua negara tertarik untuk saling aktif bekerja sama dalam membangun kolaborasi antarkawasan, terutama di bidang pertahanan.

Selain itu, kedua negara disebut menganut sikap saling menghormati terkait hukum internasional yang berlaku, serta selalu menjaga hubungan yang saling menguntungkan.

Sementara itu, untuk kerja sama multilateral, Kementerian Pertahanan telah bekerja sama dengan mitra-mitra di negara-negara Pasifik Selatan, khususnya yang tergabung dalam forum South Pacific Defense Ministers Meeting (SPDMM). Ia berharap Indonesia dapat bergabung dalam forum SPDMM sebagai pengamat.

Diketahui, forum SPDMM pada tahun ini direncanakan akan diselenggarakan di Selandia Baru. Indonesia mengharapkan pada tahun ini memperoleh konsensus yang menggembirakan dari seluruh negara anggota SPDMM, termasuk Chile, agar dapat menjadi pengamat forum tersebut pada tahun mendatang.
Baca juga: Presiden jelaskan alasan tunjuk Menhan pimpin ketahanan pangan
Baca juga: Menhan AS tolak rencana Trump libatkan militer akhiri unjuk rasa