Kaltara lakukan penguatan kearifan lokal cegah konflik sosial

id pemprov kaltara,kearifan lokal,pilkada Kaltara

Kaltara lakukan penguatan kearifan lokal cegah konflik sosial

Kepala Dinas Sosial Kalimantan Utara Obed Daniel. (ANTARA/HO-DKISP Kaltara)

Tarakan (ANTARA) - Dinas Sosial Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) melakukan penguatan kearifan lokal dengan nilai-nilai kultur budaya dalam penanganan pencegahan konflik sosial.

"Seperti kita ketahui bersama, dalam kehidupan bermasyarakat terdapat nilai-nilai sosial yang membentuk kearifan lokal dan telah menjadi bagian penting dari kehidupan sehari-hari,” kata Kepala Dinas Sosial Kaltara Obed Daniel di Tarakan, Kamis.

Menurutnya, kearifan lokal merupakan modal sosial yang dipandang sebagai bumbu vital bagi perkembangan ekonomi masyarakat dan juga kearifan lokal berkaitan dengan nilai-nilai yang dipegang dalam kultur lokal.

“Seperti di Provinsi Kaltara ini yang masih kental dengan adat istiadat dari suku aslinya yaitu Dayak, Tidung dan Bulungan,” ujarnya.

Saat ini, Indonesia memasuki tahun politik termasuk di Bumi Benuanta sendiri yang nantinya masih ada perhelatan Pilkada tahun 2024 yang mana ada potensi konflik sosial dalam prosesnya nanti.

“Maka dirasa perlu memiliki sosok tokoh-tokoh di tengah masyarakat yang dapat meredam dan menjaga kedamaian dari berbagai sektor usia maupun lini organisasi masyarakat,” kata Obed.