Dispora Kaltara Siapkan Delapan Venue Untuk Gelaran Popda

id Pemprov

Dispora Kaltara Siapkan Delapan Venue Untuk Gelaran Popda

Plt. Kepala Bidang Olahraga Dispora Kaltara Rahman. ANTARA/HO-DKISP Kaltara.

Tarakan (ANTARA) - Dinas Pemuda dan Olahraga Menjelang Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda) pada Juli 2023 sudah menyiapkan delapan lokasi pertandingan (venue) dan melakukan beberapa persiapan menyukseskan kegiatan yang pertama kali digelar di Provinsi Kaltara.

"Beberapa waktu lalu pihaknya telah melakukan rapat dan berkoordinasi dengan cabang olahraga (cabor)," kata Plt. Kepala Bidang Olahraga Dispora Kaltara Rahman di Tanjung Selor, Bulungan, Minggu.

Rahman mengatakan Dispora sudah melakukan monitoring venue, hasil FGD yang dilaksanakan Dispora bersama dengan Dispora kabupaten/kota, Dinas Pendidikan kabupaten/kota.

Dia memastikan venue yang akan digunakan dalam pertandingan Popda pada tanggal 24 - 29 Juli 2024 di Kota Tarakan nantinya sudah memenuhi standar keamanan dan layak untuk digunakan baik oleh panitia, peserta dan penonton.

“Venue yang pertama adalah stadion datu adil cabor sepak bola, kemudian bola volly di gor tipe B, cabor Basket gor tipe A, cabor sepak takraw dan tenis lapangan kita tandingkan di GOR Telaga Keramat,” katanya.

Kemudian pencak silat akan dilaksanakan di padepokan IPSI, bulu tangkis rencana kita mainkan di GOR bulu tangkis SMA Negeri 2 Tarakan.

"Sedangkan untuk olahraga tinju kita masih komunikasikan dengan teman – teman Pertina di sekitaran stadion Datu Adil," katanya.

Tujuan Popda ini adalah untuk mempersiapkan para atlet menuju Pra Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Pra Popnas) di Solo bulan November 2024 nanti.

Terkait Pra Popnas nantinya akan memperebutkan medali, pada juara 1,2 dan 3 kemudian akan masuk di Pra Popnas yang dilaksanakan di Aceh Sumut di tahun 2025.

Rahman berharap dengan pelaksanaan Pekan Olahraga Pelajar Daerah yang pertama kali di Kaltara bisa mendapatkan hasil seleksi terbaik untuk membawa atlit pelajar Kaltara berlaga di tingkat nasional yaitu Pra Popnas.

“Jadi di seleksi Provinsi dulu lalu Pra Popnas, wilayah kita masih di wilayah 3, misalkan kita juara 3, 2 dan 1 mendapat mendapat perak, perunggu dan emas maka kita masuk di Pra Popnas Aceh Sumatera Utara untuk tingkat nasionalnya,” katanya.
Baca juga: Gubernur Kaltara Hadir Dalam Kegiatan Indonesia Finlandia Festival di Helsinki
Baca juga: Sekprov Hadiri Peluncuran Kolaborasi Regsosek