Peluang kerja sama Kaltara dengan Finlandia terbuka

id Pemprov,Finlandia,Investor asing,Plta,Kihi,Kipi,Australia

Peluang kerja sama Kaltara dengan Finlandia terbuka

Gubernur Kalimantan Utara Zainal Arifin Paliwang saat di Helsinki, Finlandia diterima langsung oleh Duta Besar RI untuk Helsinki, Ratu Silvy Gayatri dan suami. ANTARA/HO-DKISP Kaltara.

Tarakan (ANTARA) - Gubernur Kalimantan Utara Zainal Arifin Paliwang mendapatkan kehormatan dari Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Helsinki, Finlandia untuk hadir dalam rangkaian kegiatan Indonesia Finlandia Festival (IFF) 2024.


"Dari pertemuan ini, peluang kerja sama antaraKaltara dengan Finlandia terbuka," kata Gubernur Kaltara Zainal A Paliwang dalam siaran pers diterima di Tarakan, Senin.

Gubernur beserta istri dan rombongan terlibat dalam kegiatan pameran produk UMKM dan pentas seni budaya lokal melalui Dinas Perindustrian Perdagangan UMKM dan Koperasi serta Dinas Pariwisata Kaltara.

Peluang kerja sama terbuka karena
Menteri Luar Negeri Indonesia dan Finlandia belum lama ini sudah menandatangani MoU (naskah nota kesepahaman bersama) untuk penguatan kerja sama di bidang ekonomi, pendidikan, smart citydan energi terbarukan.

Nilai investasi kedua negara juga tumbuh pesat pada 2023, yakni mencapai USD 713 juta atau setara 22 persen. Sedangkan sektor yang menjadi fokus kedua negara ke depan adalah mendorong peningkatan investasi pada "smart city" dan energi terbarukan.

Gubernur juga diterima langsung oleh Duta Besar RI untuk HelsinkiRatu Silvy Gayatri dan suami beserta staf yang dirangkai gala dinner di Wisma Duta Indonesia pada 19 Juni 2024.

Dalam sambutannya, Ratu Gayatri mengatakan pihaknya merasa terhormat dan bangga karena dikunjungi langsung oleh Gubernur Kaltara beserta istri dan rombongan.

“KBRI Helsinki tidak terlalu besar, jumlah staf lebih kurang 16 orang semuanya, jadi mohon maaf jika ada pelayanan kami yang kurang dalam kunjungan ke Helsinki,” kata Ratu Gayatri.

Finlandia adalah negara yang populasinya cukup kecil, sekitar 5,5 juta saja namun negara ini memiliki sistem tata kelola pemerintahan yang sangat baik, sehingga mampu menjamin kebahagiaan atau kepuasan warganya.

Hal tersebut bisa terlihat pada pelayanan pendidikan, kesehatan, transportasi dan lingkungan yang relatif terjangkau dan aman.“Kita patut belajar dengan Finlandia dalam tata kelola pemerintahan yang baik seperti ini,” ucap Ratu Gayatri.

Gubernur Zainal dalam sambutannya juga menyampaikan apresiasi dan terimakasih kepada KBRI Helsinki karena telah mengundang Kaltara dan menerima langsung secara baik di Wisma Duta.

“Kaltara salah satu provinsi baru di Indonesia, kami terus belajar dan berbuat untuk menjadi daerah yang maju dan sejahtera sesuai visi misi kami 2021-2026,” ujar Gubernur.

"Seperti yang dikatakan ibu Dubes tadi bahwa Finlandia memiliki tata kelola pemerintahan yang baik sehingga kami juga membawa antara lain kepala dinas pendidikan, kesehatan dan kepala biro tata pemerintahan untuk bisa belajar secara langsung bagaimana sistem tersebut,” tuturnya.

Zainal.Gubernur berharap Dubes Finlandia bisa berkunjung ke Kaltara, yakni provinsi ke-34 dengan jumlah penduduk hanya sekitar 700 ribu jiwa namun memiliki sumber daya alam yang melimpah.

Baca juga: Hadiri World Hydropower Congress 2023, Gubernur dukung penuh PLTA Mentarang
Baca juga: Presiden yakin kawasan KIPI Kaltara jadi masa depan industri energi hijau Indonesia
Baca juga: Pembebasan Lahan Mega Proyek KIPI Mencapai 90 Persen