Dinas PUTR dan Bappeda akan Tempati Gedung Baru--Irianto Resmikan Gedung Dinas PUTR

id ,

Dinas PUTR dan Bappeda akan Tempati Gedung Baru--Irianto Resmikan Gedung Dinas PUTR

DIRESMIKAN : Gubernur Kaltara, Dr H Irianto Lambrie meresmikan Kantor baru Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPUTR) Kaltara yang ditandai dengan pengguntingan pita, Senin (5/12). (dok humas)

Tanjung Selor (Antara News Kaltara) – Usai pelaksanaan upacara peringatan Hari Bhakti PU ke-71 di Lapangan Aghatis, Gubernur Kalimantan Utara Dr H irianto Lambrie meresmikan gedung baru Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPUTR) Kaltara, Senin (5/12). Rencananya gedung tersebut akan mulai ditempati Dinas PUTR dan Bappeda Kaltara awal tahun 2017 mendatang.

Irianto mengatakan pembangunan gedung yang dimulai 2014 lalu menelan anggaran sekitar Rp 103 M. Dana itu bersumber dari APBN dan APBD Kaltara dan sebelum diresmikan telah dilakukan proses audit oleh inspektorat sebelum diserahterimakan kepada Dinas PUTR Kaltara.

Irianto menjelaskan Dinas PUTR Kaltara dibentuk dengan Peraturan Gubernur (Pergub) Nomor 3 Tahun 2013 tentang Organisasi Tata Ruang Dinas Daerah Kaltara. Sebelumnya Dinas PUTR berkantor di mess bukit tinggi pemeliharaan infastruktur PU Provinsi Kaltim di wilayah Kaltara Jalan Aghatis, Tanjung Selor.

"Luas bangunan yang ada 144 meter persegi dengan luas tanah 2800 meter persegi dan rencananya akan ditempati Dinas PUTR dan Bappeda tahun 2017 mendatang,” jelasnya.

Sebelumnya, Irianto juga menyempatkan diri meninjau gedung Sekretariat Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara. Rencananya gedung tersebut juga akan akan ditempati awal tahun 2017. Irianto memantau langsung kondisi terakhir gedung tersebut pada Minggu (2/12) bersama Sekprov Kaltara H Badrun dan Wakil Gubernur H Udin Hianggio dan juga Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang Suheriyatna.

Gubernur memantau dari lantai 1 dan 2 dimana rencana ruang gubernur, wakil gubernur dan sekretaris provinsi berada di lantai yang sama. Interior di ruangan tersebut sudah siap begitu pula listrik secara keseluruhan. Tak terkecuali ketersediaan air bersih untuk kamar kecil/toilet sudah selesai.

“Dan rencana kita, kantor baru ini akan diresmikan pada 22 April mendatang yakni tepatnya di saat Hari Ulang Tahun Kaltara ke-3. Namun tetap kita akan tempati lebih dulu awal tahun,” jelas Kepala Dinas PUTR Suheriyatna. Kantor ini terdiri dari ruang gubernur, wakil gubernur, sekretaris provinsi, ruang asisten, dan ruang biro-biro.

Dari keterangan Suheriyatna, secara keseluruhan sudah siap, tinggal interior di lantai tiga dan empat. Kantor sementara untuk gubernur dan lain-lain ini rencana menunggu kesiapan pembangunan gedung sesungguhnya yang ditarget pada 2019 mendatang.