Hari ini, Menpan-RB Serahkan SK Pengangkatan CPNS

id Pengangkatan,CPNS,Penyerahan, SK

Gambar Ilustrasi (humasprovkaltara)

Tanjung Selor (Antaranews Kaltara) - Hari ini (19/3), Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Asman Abnur akan menyerahkan Surat Keputusan (SK) Pengangkatan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) bagi 423 lulusan seleksi penerimaan CPNS 2017 lingkup Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Utara (Kaltara) di Gedung Gabungan Dinas (Gadis) Pemprov Kaltara.

Dikatakan Gubernur Kaltara Dr H Irianto Lambrie, bukan hanya menyerahkan SK CPNS, Menpan-RB juga akan membuka secara simbolis Pelatihan Dasar (Latdas) bagi CPNS tersebut. Juga ada agenda lainnya selama di Kaltara, khususnya di Tanjung Selor. Yakni, meninjau sejumlah unit kerja yang bersentuhan langsung dengan pelayanan publik. "Selain penyerahan SK CPNS bagi 423 CPNS formasi umum, Menpan-RB juga akan menyerahkan SK CPNS formasi khusus pola pembibitan Sekolah Tinggi Transportasi Darat (STTD) sebanyak 4 orang," ujar Irianto.

Mereka akan bertugas dengan penempatan disesuaikan dengan formasi dan jabatan masing-masing sembari menunggu panggilan mengikuti Latsar. Latsar sendiri, menurut Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi Kaltara Suriansyah menambahkan, Latsar secara efektif dimulai pada 26 Maret. "Sebelum mengikuti Latsar, teknisnya nanti CPNS akan orientasi tugas dulu agar dapat mengenal instansinya masing-masing. Kurang lebih seminggu untuk orientasi. Setelah itu baru mulai melaksanakan Latsar," papar Suriansyah.

Latsar dilakukan mengacu pada Peraturan Kepala Lembaga Administrasi Negara (Perka LAN) Nomor 24 Tahun 2017 tentang Pedoman Penyelenggaran Pelatihan Dasar CPNS Golongan II dan Perka LAN No. 25/2017 tentang Pedoman Penyelenggaraan Pelatihan Dasar CPNS Golongan III. "Durasinya 4 bulan. Kalau dalam pelatihan selama 4 bulan itu ada yang tidak lulus maka bisa ditangguhkan menjadi PNS," jelas Suriansyah. Latsar akan digelar 11 angkatan, tiap angkatan maksimal 40 orang. Lokasinya, di Bulungan, Nunukan, dan Malinau dengan metode on dan off campus.

Pewarta :
Editor: Firsta Susan Ferdiany
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar