Peringati Hari Air Sedunia, DPUPR-Perkim Sebar Benih Ikan

id Hari Air,2018,DPUPR-Perkim, Peringatan,Kaltara,Tanjung Bunyu.

Peringati Hari Air Sedunia, DPUPR-Perkim Sebar Benih Ikan

HARI AIR SEDUNIA : Jajaran DPUPR-Perkim Kaltara bersama pembudidaya ikan pada peringatan Hari Air Sedunia 2018 di Tanjung Buyu, Salim Batu, Tanjung Palas Tengah, kemarin (22/3). (humasprovkaltara)

Tanjung Selor (Antaranews Kaltara) - Memperingati Hari Air Sedunia 2018, Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, Perumahan dan Kawasan Permukiman (PUPR-Perkim) melalui Bidang Sumber Daya Air (SDA) melakukan kegiatan pelepasan benih ikan bersama para petani yang tergabung dalam beberapa kelompok tani.

Pelepasan bibit ikan dilakukan di kolam yang dikelola Ketua Kontak Tani dan Nelayan Andalan (KTNA) Kaltara H Arifin di Tanjung Bunyu, Kamis (22/3).

Kepala Bidang (Kabid) SDA DPUPR-Perkim Kaltara Yoga Hariadi mengatakan, peringatan kali ini ini, dimanfaatkan oleh DPUPR-Perkim Kaltara untuk melakukan kegiatan yang lebih bermanfaat. Antara lain, dengan membantu petani melalui kegiatan pelepasan benih ikan di daerah Tanjung Bunyu.

Lokasi yang dijadikan tempat kegiatan tersebut merupakan kawasan Mina Pangan. Di mana dalam satu kawasan ini, terdiri dari tanaman padi, kolam budidaya ikan dan sayuran-sayuran. Dengan luasan yang telah dicetak 250 hektare. "Pelepasan benih ikan sendiri merupakan inisiatif yang dilakukan oleh DPUPR-Perkim Kaltara. Karena jika ada air pasti ada ikannya, maka dari itu pelepasan benih ikan ini kami lakukan," kata Yoga.

"Pelepasan benih ikan dilakukan agar habitat ikan tetap terus berkembang dan terjaga dengan baik. Tujuan lainnya, dengan dilakukannya kegiatan ini akan meningkatkan tarap hidup petani budidaya ikan air tawar," kata Yoga lagi.

Untuk diketahui, benih Ikan Nila bantuan dari DPUPR-Perkim Kaltara yang dilepas kemarin berjumlah 2.500 ekor. Di mana, masing-masing kolam dilepaskan benih ikan sebanyak 500 ekor per kolam. "Dalam kesempatan ini, kami juga membagikan sembako kepada masyarakat anggota kelompok petani sekitar," tutupnya.