BKM Makassar layani pemeriksaan katarak di Sebuku

id Katarak sebuku

Warga yang mendapatkan layanan pemerikaaan mata katarak di Puskesmas Sebuku Kabupaten Nunukan. Pemeriksaan katarak ini diselenggarakab Dinkes Kaltara bekerja sama Balai Kesehatan Mata Masyarakat Kota Makassar, Sulsel

Oleh M Rusman

Nunukan, (Antaranews-Kaltara) - Balai Kesehatan Mata Makassar, Sulsel bekerja sama Dinas Kesehatan Provinsi Kaltara melayani pemeriksaan katarak di Puskesmas Sebuku Kabupaten Nunukan pada 9-10 Mei 2018.

Kepala Tata Usaha Puskesmas Sebuku, Andi Ilma di Sebuku melalui sambungan telepon seluler, Sabtu menerangkan, selama pelaksanaan kegiatan ini mendapat sambutan dari warga setempat.

Sebanyak 123 warga yang mendaftarkan diri tetapi yang berhasil dilayani untuk pemeriksaan mata (katarak) hanya 80 orang.

Andi Ilma menyatakan, kegiatan yang diselenggarakan Dinas Kesehatan Kaltara cukup direspon dengan besarnya antusiasme masyarakat selama dua hari kegiatan.

Kegiatan yang dipusatkan di Puskesmas Sebuku ini sebagian pasiennya dari warga yang bekerja di perkebunan kelapa sawit dengan menempuh perjalanan darat hingga lima jam.

"Ini membuktikan sambutan masyarakat cukup tinggi terhadap kegiatan Dinkes Kaltara memeriksa mata (katarak) bagi masyarakat karena masyarakat rela menempuh perjalanan sampai lima jam," ujar dia.

Ia menambahkan, tidak semua masyarakat yang mendaftar dapat dilayani karena diantaranya ada yang hipertensi, gula darah naik dan penyakit katarak tergolong parah.

Pada kegiatan pemeriksaan mata katarak di daerah itu tenaga dokter ahli mata dari Balai Kesehatan Mata Masyarakat Kota Makassar melakukan bedah ringan berupa suntik.

Setelah itu, masyarakat yang sempat terlayani pada hari pertama, dianjurkan melakukan kontrol pada hari kedua, sebut Andi Ilma.

Pewarta :
Editor: Rusman
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar