Ormas Harus Jadi Penopang Eksistensi Kaltara

id Organisasi, Masyarakat, himbauan

Ormas Harus Jadi Penopang Eksistensi Kaltara

Gub Kaltara Dr Irianto Lambrie (dok)

Tanjung Selor (Antaranews Kaltara) - Keberadaan Organisasi Masyarakat (Ormas) maupun Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) di Kalimantan Utara (Kaltara), diharapkan menjadi penopang dari eksistensi provinsi termuda di Indonesia ini untuk lebih cepat maju dan bermartabat kuat.

Demikian disampaikan Gubernur Kaltara Dr H Irianto Lambrie, baru-baru ini. Gubernur juga mengingatkan pentingnya persatuan dan kesatuan, meski terdapat perbedaan agama, suku, paham politik dan lainnya didalam sebuah organisasi. "Penting diingat juga isi sambutan Menkominfo (Menteri Komunikasi dan Informatika) dalam peringatan Harkitnas (Hari Kebangkitan Nasional) ke-110. Yang intinya, adalah perbedaan itu kodrati. Manusia juga tak mungkin sama, dari itu penting untuk memahami kelemahan dan kekurangan serta menghargai kelebihan masing-masing. Kelebihan inilah yang ditonjolkan sebagai kekuatan bersama membangun Kaltara," papar Irianto.

Keberadaan ormas atau LSM, menurut Irianto, harus mampu menjadi alat perjuangan untuk menyampaikan aspirasi rakyat kepada pemerintah. Serta mengangkat harkat dan martabatsebuah komunitas masyarakat. "Capaian Kaltara selama ini, salah satunya keberhasilan mensejajarkan diri dengan provinsi lain di Indonesia, seiring berakhirnya masa ujicoba sebagai DOB (Daerah Otonomi Baru). Ini bukan hasil kerja saya dan jajaran Pemprov (Pemerintah Provinsi) sendiri, tapi sesungguhnya merupakan partisipasi dan dorongan masyarakat Kaltara juga," urainya.