Peserta SMN Kepri kunjungi rumah adat Tidung

id smn

Peserta Siswa Mengenal Nusantara (SMN) Kepulauan Riau mengunjungi rumah adat Tidung di Tarakan, Minggu (18/08/2019). Istimewa

Tarakan (ANTARA) - Sebagai salah satu tujuan dari Program Siswa Mengenal Nusantara (SMN), dimana peserta SMN Kepulauan Riau diajak dalam sesi sosial budaya yang didalamnya mengenal wisata lokal dan kuliner dengan mengunjungi rumah adat Tidung Minggu.

Peserta disambut oleh Edi Wijaya selaku Anak Ketua Rumah Adat Tidung, peserta dan para guru pendamping.

Setelah itu, mereka disambut oleh tarian penyambutan "Tari Ungal Lingkuda". Dimana tarian penyambutan ini memiliki makna "Keberangkatan Pemimpin" yang bisa juga diartikan sebagai tarian menyambut Raja Pemimpin.

Tarian semacam ini kerap ditampilkan saat penyambutan tamu penting atau tamu dari luar daerah untuk mengenal lebih dekat adat Kaltara.

Dalam masyarakat Tidung, tarian ini juga sering ditampilkan saat penyambutan tamu di dalam rumah, yang dalam hal ini para peserta SMN 2019 Kepri yang sedang bertamu ke rumah Adat Tidung.

Seusai tari penyambutan oleh para penari adat Tidung, peserta yang kali ini diwakilkan oleh para guru pendamping dikalungi syal khas adat Tidung untuk menyambut mereka di rumah adat Tidung.
Baca juga: SMN Kepri ikut jalan sehat BUMN Hadir Untuk Negeri di Tarakan
Baca juga: SMN Kepri ikut jalan sehat BUMN Hadir Untuk Negeri di Tarakan

Pewarta :
Editor:
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar