Bahan alami jaga kesehatan saat pancaroba

id Herbal jaga kesehatan

Bahan alami jaga kesehatan saat pancaroba

Jahe (ANTARA/datu)

Jakarta (ANTARA) - Berbagai penyakit bisa menyerang Anda terutama di musim pancaroba seperti saat ini antara lain flu, batuk, pilek dan diare.


Jadi, sebelum buru-buru mengambil suplemen untuk menangkal beragam penyakit, Anda bisa mencoba sejumlah bahan alami untuk membantu meningkatkan daya tahan tubuh dilansir dari Indian Express:

1. Jahe

Jahe dikenal mengandung gingerol dan zingerone-nya yang bisa menghentikan virus menggandakan diri. Kedua zat ini juga dapat menghalau virus masuk ke dalam tubuh.

Baca juga:Beberapa manfaat minum air jahe

2. Bawang putih

Bawang putih termasuk bahan alami yang mampu melawan sejumlah infeksi virus. Studi menunjukkan, salah satu bumbu populer di masakan Indonesia itu bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Bawang putih bagus untuk menjaga kesehatan paru-paru.

Baca juga:Studi: Bawang putih bisa kurangi risiko kanker tertentu

3. Sage

Keluarga tanaman mint ini diketahui sebagai herba aromatik. Selama bertahun-tahun, tanaman ini digunakan sebagai obat melawan infeksi berbagai virus.

Sage juga mengandung antioksidan yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Tanaman ini juga bisa menurunkan risiko munculnya kanker dan meningkatkan fungsi otak serta memori.

4. Basil

Basil terdiri dari beragam varietas dan semuanya bisa membantu melawan infeksi virus. Tanaman ini diketahui bisa meningkatkan kekebalan tubuh. Ekstrak tanaman ini juga sangat mampu menangkal virus penyebab herpes dan hepatitis B.


Baca juga:Nyamuk penyebab demam berdarah kini juga menyerang saat sore hari Penerjemah: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Ida Nurcahyani

Balai Karantina Jayapura musnahkan bibit tanaman dari Malaysia


00:00
00:00




COPYRIGHT © ANTARA 2019