Pelni hentikan sementara 26 armada kapal penumpang

id Kapal pelni corona

Pelni hentikan sementara 26 armada kapal penumpang

Dampak COVID-19, Pelni hentikan sementara 26 armada kapal penumpang

Baubau (ANTARA) - Dampak merebaknya virus coronaatau COVID-19, PT Pelni (persero) menghentikan sementara pelayaran 26 armada kapal penumpangnya dari berbagai tujuan di sejumlah pelabuhan di tanah air.

"Sesuai dengan keputusan manajemen PT Pelni, penghentian sementara pelayaran 26 armada kapal penumpang ini dengan alasan karena banyak pelabuhan ditutup sementara untuk meminimalisir penyebaran COVID-19," kata Kepala PT Pelni Cabang Baubau Capt. Akhmad Sadikin di Baubau, Rabu.

Ia mengatakan, dari 26 kapal yang berhenti belayar itu, 11 kapal di antaranya memiliki rute pelabuhan Murhum Baubau.

Keputusan penghentian sementara pelayaran tersebut berlaku sampai awal Mei 2020 sambil melihat perkembangan, jika belum memungkinkan beroperasi, bisa akan diperpanjang.

"Terhadap kapal yang sudah terlanjur berlayar saat keputusan dikeluarkan, maka jika sudah tiba di pelabuhan akhir wajib kapal tersebut berhenti berlayar sementara." imbuhnya.

Akhmad Sadikin mengatakan, bagi calon penumpang yang sudah terlanjur membeli tiket akan dikembalikan uangnya 100 persen.

Ketua Yayasan Universitas Muslim Buton, Ibrahim Marsela menyabut baik keputusan PT Pelni apalagi Kota Baubau merupakan daerah transit pelayaran kapal laut yang menghubungkan wilayah Barat dan Timur Indonesia dengan mobilitas orang sangat tinggi sehingga cukup rentan dengan penyebaran COVID-19.

"Saya kira untuk memutus mata rantai penyebaran COVID-19, (keputusan PT Pelni) ini merupakan kebijakan yang tepat," kata Ibrahim Marsela.

Ibrahim yang juga mantan wakil wali kota Baubau berharap upaya pencegahan terhadap persebaran COVID-19 harus terus ditingkatkan terutama dipintu-pintu masuk daerah baik jalur darat, laut dan udara meski sampai saat ini Kota Baubau masih masuk dalam Zona Hijau COVID-19 .



Baca juga:Cegah COVID, Pelni hentikan pelayaran ke tiga kabupaten NTT
Baca juga:Batasi pembelian tiket, Pelni prioritaskan petugas kesehatan-logistik
Baca juga:Kapal Pelni berhenti beroperasi di Tarakan
Pewarta: Abdul Azis Senong
Editor: Subagyo