Empat positif COVID-19, 13 Pasien Sembuh di Nunukan

id pasien sembuh, pasien positif, cobid-19, nunukna

Empat positif COVID-19, 13 Pasien Sembuh di Nunukan

Diagram perkembangan wabah COVID-19 di Kabupaten Nunukan. Sumber: Tim Gugus Tugas Nunukan

Nunukan (ANTARA) - Hasil diagnosa dan follow up terhadap puluhan swab yang dikirim ke Balai Besar Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BBTKLPP) Jakarta pada 3 Mei 2020 diperoleh empat orang positif baru dan 13 lainnya dinyatakan sembuh dari virus corona atau COVID-19.

Sehubungan dengan data ini, Juru Bicara Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Nunukan, Aris Suyono, Sabtu mengatakan, total pasian positif yang masih menjalani perawatan sebanyak 25 orang.

Sesuai data ini, adanya empat orang positif baru maka total positif di Kabupaten Nunukan menjadi 43 orang. Namun sangat menggembirakan juga karena ada 13 orang yang dinyatakan sembuh melalui hasil analisa swab-nya ditambah lima orang yang sembuh pada Jumat (16/5) sehingga totalnya menjadi 18 orang.

Dari 25 pasien yang dirawat ini masing-masing di RSUD Nunukan sebanyak 19 orang, satu orang di RSUD Kabupaten Malinau, satu lagi diisolasim mandiri di rumahnya dan empat orang di Puskesmas Binusan menjalani fase pemulihan.

Kembali pada empat pasien positif COVID-19 yang baru diberi kode Nunukan 40 seorang pria berusia 68 tahun (laki-laki) dan Nunukan 41 jenis kelamin
perempuan berusia 40 tahun. Keduanya berasal dari Kecamatan Krayan merupakan orang tanpa gejala (OTG) dari kluster Langat Kabupaten Malinau.

Lalu dua orang lagi salah satunya di Kecamatan Nunukan Selatan diberi kode Nunukan 42 usia 35 tahun merupakan penularan lokal gerenasi kluster pertama dan seorang di Kecamatan Seimenggaris kluster Temboro Magetan dengan kode Nunukan 43 usia 15 tahun.

Pada Jumat, 16 Mei 2020, ada lima pasien positif COVID-19 yang dipulangkan ke rumahnya maka total yang telah sembuh sebanyak 18 orang. Khusus pasien positif yang sembuh pada hari kedua yaitu berkode Nunukan 2, Nunukan 5, Nunukan 6, Nunukan 8, Nunukan 12, Nunukan 17, Nunukan 18, Nunukan 19, Nunukan 22, Nunukan 24, Nunukan 25, Nunukan 28 dan Nunukan 29.

Aris menambahkan, pasien dengan kode Nunukan 5 ini adalah warga negara Malaysia sehingga dua warga asing yang dirawat di RSUD Nunukan dinyatakan telah sembuh semuanya. "Dua WNA (Malaysia) yang dirawat sudah sembuh semuanya," beber dia.

"Setelah ada 18 pasien yang sudah sembuh maka total pasien yang masih dirawat sebanyak 25 orang," ungkap Aris. Kemudian, Tim Gugus Tugas COVID-19 Nunukan juga mengumumkan jumlah orang dalam pemantauan (ODP) sebanyak 29 orang, orang tanpa gejala (OTG) sebanyak 29 orang dan pasien dalam pengawasan (PDP) sebanyak empat orang tetapi satu orang meninggal dunia.