Puluhan Warga Pesisir Dapat Layanan Dokter Spesialis Gratis

id Pelayanan, Dokter, Gratis, Spesialis

Puluhan Warga Pesisir Dapat Layanan Dokter Spesialis Gratis

KUNJUNGAN KERJA : Gubernur Kaltara, Dr H Irianto Lambrie bersama istri saat disambut warga saat melakukan serangkaian kunjungan kerja di desa pesisir, wilayah Kecamatan Tanjung Palas Timur, Senin (27/7). Gubernur juga sempat memberikan bantuan dana pengembangan rumah ibadah kepada pengurus Masjid Darussalam, Kampung Baru, Desa Mangkupadi. (humasprovkaltara)

Tanjung Selor (ANTARA) - Puluhan warga pesisir pantai di wilayah Kampung Baru hingga Karang Tigau, Desa Mangkupadi, Kecamatan Tanjung Palas Timur, Kabupaten Bulungan mendapatkan pelayanan pengobatan dokter gratis melalui program Dokter Terbang yang diadakan oleh Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara), Senin (27/7). Tiga dokter spesialis dihadirkan untuk memberikan pelayanan kesehatan lanjutan kepada masyarakat. Yaitu dokter spesialis penyakit dalam, spesialis anak dan dokter spesialis kandungan.

Gubernur Kaltara Dr H Irianto Lambrie, didampingi istri, Hj Rita Ratina Irianto yang sedang melakukan kunjungan kerja ke desa tersebut, turut hadir langsung menyaksikan jalanan pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

“Alhamdulillah, saya tadi lihat banyak masyarakat yang mendapat pelayanan kesehatan melalui dokter terbang yang kita adakan. Hal ini membuktikan, bahwa program dokter terbang ini sangat bermanfaat bagi masyarakat. Utamanya bagi warga yang berada di daerah yang sulit terjangkau, seperti perbatasan, pedalaman, termasuk di kawasan pesisir seperti di perkampungan yang kami tinjau hari ini,” kata Irianto usai meninjau kegiatan pengobatan gratis di kampung yang berpenduduk mayoritas nelayan tersebut.

Sesuai yang disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kaltara, Usman, ada 80 lebih warga yang mendapatkan pelayanan kesehatan dokter spesialis dalam kegiatan tersebut. Di samping itu, sejumlah masyarakat lain yang memeriksakan kesehatan biasa.

KUNJUNGAN KERJA

Sementara itu, Senin (27/7), bersama istri dan beberapa Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkup Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara, Gubernur melakukan serangkaian kunjungan kerja di beberapa desa di pesisir Kabupaten Bulungan, tepatnya di wilayah Kecamatan Tanjung Palas Timur.

Setelah melalui perjalanan kurang lebih 2 jam melewati sungai dan laut, rombongan tiba di lokasi pertama yang dikunjungi, yaitu di Kampung Baru, Desa Mangkupadi. Bertempat di Masjid Darussalam kampung setempat, Gubernur dan rombongan bersilaturahmi dengan masyarakat, sekaligus menyerahkan sejumlah bantuan. Salah satunya bantuan sapi kurban untuk dikurbankan pada hari raya Iduladha 1441 hijriah. Juga ada bantuan untuk tempat masjid setempat.

Setelah dari Kampung Baru, masih di wilayah pesisir timur Kabupaten Bulungan, Kalimantan Utara, kunjungan dilanjutkan ke Desa Mangkupadi. Di desa ini, Gubernur meninjau kegiatan masyarakat yang membudidayakan kebun sayur-sayuran, serta pembibitan. Juga ada gerakan ibu-ibu setempat yang membuat kelompok wanita tani, untuk memberdayakan masyarakat agar gemar menanam sayur-sayuran di rumah.

“Saya sangat apresiasi dengan apa yang dilakukan ibu-ibu di desa ini. Melalui program yang dimotori oleh Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Kaltara ini, akan menggerakkan budaya menanam di lingkungan keluarga. Sehingga akan memperkokoh ketahanan pangan,” ujar Irianto.

Dari Desa Mangkupadi, kunjungan dilanjutkan ke Desa Tanah Kuning, untuk melakukan peletakan batu pertama tanda dimulainya pembangunan Masjid Jami Baitul Mutaqin di desa itu. Dalam kesempatan itu, Gubernur sekaligus juga menyerahkan bantuan dana untuk pembangunan masjid yang berlokasi di dekat pantai tersebut. Sebelum pulang ke Tanjung Selor, rangkaian kunjungan diakhiri dengan penanaman pohon di bibir pantai Tanah Kuning.

Dalam setiap kesempatan memberikan sambutan di depan masyarakat, selain menyampaikan pesan-pesan, maupun nasehat kepada warga dan juga memaparkan hasil pembangunan di Kaltara, utamanya yang sudah dilakukan di wilayah pesisir Tanjung Palas Timur, tak lupa Gubernur berpesan kepada masyarakat untuk selalu disiplin menjalankan protokol kesehatan. “Karena saat ini kita masih berada di masa pandemi covid-19, mari kita semua selalu disiplin menjalani protokol kesehatan. Dan juga berdoa, semoga kita semua diberi kesehatan dan senantiasa dalam lindungan Allah SWT,” ujarnya.

Pewarta :
Uploader : Firsta Susan Ferdiany
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar